Belasan Kapal Nelayan di Tegal Kebakaran, Kerugian Capai Puluhan Miliar

Belasan kapal nelayan di Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), mengalami kerugian dan ditaksir mengalami kerugian hingga puluhan miliar rupiah.
SHARE
Belasan Kapal Nelayan di Tegal Kebakaran, Kerugian Capai Puluhan Miliar
SOLOPOS.COM - Kondisi kapal nelayan di Tegal yang mengalami kebakaran, Rabu (17/11/2021). (Suara.com)

Solopos.com, TEGAL — Belasan kapal nelayan yang ada di perairan Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), mengalami kebakaran hebat Rabu (17/11/2021). Kerugian akibat peristiwa kebakaran ini pun ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

Kapolres Kota Tegal, AKBP Rahmad Hidayat, mengatakan ada sekitar 15-17 kapal nelayan terbakar. Jumlah kapal yang terbakar itu diperoleh dari keterangan para nelayan, yang mengaku kapal miliknya mengalami kebakaran.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Kita masih melakukan pendataan dan komunikasi dengan para pemilik kapal?,” kata Rahmad, dikutip dari Suara.com.

Baca juga: Belasan Kapal Nelayan Hangus Terbakar di Tegal, Begini Kondisinya

Menurut Rahmad, belasan kapal itu tak bisa diselamatkan karena besarnya kobaran api dan kendala yang menghambat upaya pemadaman yang dilakukan warga dan petugas pemadam kebakaran.

?”Seperti yang diketahui dari semalam kebakaran belum juga bisa dipadamkan sehingga memang ada sejumlah kapal yang tak bisa diselamatkan. Kerugian nanti kita tanyakan karena besaran kapal berbeda-beda. [Kerugian] sekitar Rp30 miliar mungkin?,” ujarnya.

Ekspedisi Energi 2022

Salah satu pemilik kapal yang terbakar, Riswanto mengatakan, belasan kapal nelayan di Tegal yang mengalami kebakaran itu merupakan kapal jenis cantrang, gillnet dan kapal dengan hasil tangkapan cumi.

“Kapalnya milik beberapa orang, lebih dari satu orang. Kalau kerugian diperkirakan satu kapal Rp3 miliar. Itu sudah termasuk alat tangkap dan kapalnya lengkap,” ungkapnya.

Baca juga: 3 Kapal Nelayan Ilegal Indonesia Dibakar Polisi Laut Australia

Kebakaran yang melanda belasan kapal nelayan itu terjadi di kolam tempat penambatan kapal, yang berada di belakang galangan atau tempat pembuatan dan perbaikan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur.

Api diketahui mulai muncul di salah satu kapal nelayan yang sedang ditambatkan di kolam tersebut, pada Rabu dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB. Kencangnya angin membuat kobaran api dengan cepat membesar dan merembet ke kapal-kapal lain yang ada di dekatnya.

Sekitar 10 mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api yang menghanguskan belasan kapal nelayan di Tegal itu. Meski demikian, kebakaran hingga kini belum bisa dipadamkan karena lokasinya yang berada di tengah kolam tempat penambatan kapal.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago