SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasukan pemadam kebakaran menghadapi amukan si jago merah. (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, TEGAL — Kebakaran melanda sekitar 13 kapal nelayan yang tengah bersandar di Pelabuhan Kota Tegal, Sabtu (29/1/2022) pagi. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran belasan kapal itu, namun dugaan sementara kebakaran terjadi karena adanya hubungan pendek listrik pada sebuah kapal hingga merembet ke kapal yang lain.

Kapolres Kota Tegal, AKBP Rahmad Hidayat, mengatakan peristiwa kebakaran yang melanda belasan kapal di pelabuhan itu terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Dugaan sementara, kebakaran itu dipicu adanya hubungan pendek listrik pada sebuah kapal dan membakar kapal lainnya yang berada di sekitar lokasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada proses pemadaman kapal terbakar itu, kata dia, melibatkan 11 unit mobil pemadam kebakaran dari berbagai daerah seperti Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal, dan Pemalang.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Lagi! Belasan Kapal di Pelabuhan Tegal Terbakar

“Petugas kesulitan melakukan upaya pemadaman karena lokasi sempit serta di setiap kapal masih tersimpan BBM sehingga proses pemadaman terus kami lakukan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut,” kata Rahmad, dikutip Antara, Sabtu.

Untuk menghindari semakin banyak kapal yang terbakar, aparat Polres Kota Tegal bersama TNI AL dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melakukan evakuasi terhadap 13 kapal yang terbakar itu.

“Kami bersama Lanal Tegal dan dinas pemadam kebakaran kini masih melakukan proses pemadaman dan menyelamatkan kapal yang berada di lokasi,” imbuhnya.

Ia mengatakan proses evakuasi kapal sempat mengalami kendala karena di sekitar lokasi terbakarnya 13 kapal terdapat seratusan kapal yang sedang berlabuh dan kobaran api cukup besar. “Saat ini, kami terus melakukan lokalisasi agar kapal yang sudah terbakar tidak merambah ke kapal lainnya. Ada seratusan kapal yang bersandar sehingga evakuasi kapal agak mengalami kesulitan,” katanya.

Baca juga: Kapal Bermuatan Pupuk Kebakaran di Perairan Cilacap

Menumpuknya seratusan kapal itu, lanjut Kapolres Kota Tegal, karena para nelayan sedang mengajukan perizinan melaut sehingga kapal disandarkan di pelabuhan, atau lokasi kebakaran.

Insiden kebakaran yang melanda belasan kapal yang tengah bersandar di pelabuhan di Kota Tegal ini bukan yang kali pertama. Pada pertengahan November lalu, insiden serupa juga terjadi. Kala itu, ada sekitar 17 kapal yang dilaporkan terbakar saat berada di belakang galangan atau tempat pembuatan dan perbaikan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya