SOLOPOS.COM - Dika Nur Tri Anggraheni, Intan Nuraini dari SMKS Teknosa Solo. (Istimewa-dokumen pribadi)

Kebutuhan masyarakat untuk membeli suatu barang tidak dapat terbendung ketika dalam keadaan darurat. Tahukah kalian bahwa aktivitas ekonomi seperti halnya jual-beli tidak serumit di masa lalu. Apabila di masa lalu konsumen memberi barang harus datang jauh ke toko yang menjual barang tersebut, maka hari ini kita tidak perlu susah payah untuk melakukan hal yang demikian.

Hadirnya toko online ini memberi dampak yang sangat pesat bagi roda perekonomian Indonesia. Bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah kalian termasuk orang yang suka belanja online daripada langsung datang tokonya? Tentunya pada sebagaian besar masyarakat lebih suka yang belanja online dengan alasan lebih praktis dan menghemat tenaga maupun waktu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari ulasan di atas kita tahu bahwa hal yang perlu dilakukan untuk dapat mengkuti arus perkembangan teknologi Jalan satu-satunya yaitu terus menambah wawasan keilmuan. Sebagai contoh, transaksi pembayaran zaman dahulu belum mengenal istilah transfer pembayaran. Melihat kondisi tersebut maka Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun lembaga keuangan bank berupaya menambah fasilitas supaya nasabah dapat menikmati kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan.

Tak bisa dipungkiri, saat ini gaya belanja masyarakat Indonesia mulai beralih. Dari berbelanja secara langsung, kini masyarakat lebih suka berbelanja secara online. Tingginya minat masyarakat untuk berbelanja secara online lewat internet, dipicu oleh kemajuan teknologi yang semakin meningkat. Namun tidak hanya itu, berbelanja secara online melalui internet juga semakin diminati karena menguntungkan pengguna dan pelaku toko online dari segi finansial. Berbelanja online melalui internet juga menghemat waktu dan tenaga, karena tidak perlu repot-repot langsung ke tempat pusat perbelanjaannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan belanja secara online, Anda bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan hanya dengan mengakses aplikasi belanja online melalui handphone. Dengan meningkatnya pelanggan membuat pelaku toko online memberikan banyak promo untuk menarik pelanggan. Beragam promo yang ditawarkan oleh pelaku toko online membuat banyak masyarakat menyukai berbelanja secara online di masa pandemi Covid-19 saat ini. Jenis promo yang ditawarkan oleh pelaku toko online juga beragam, dari voucher belanja, potongan harga barang, hingga poin reward yang bisa ditukarkan.

Banyak pelaku toko online yang bekerjasama dengan Bank sebagai partner pembayaran. Banyak toko online yang menyediakan layanan cicilan, baik dengan kartu kredit atau tanpa kartu kredit. Toko online juga banyak memberikan pilihan pembayaran. Anda bisa membeli barang yang diinginkan dengan memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Anda pernah mendatangi sebuah pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu, tetapi saat sudah masuk di toko pusat perbelanjaan barang tersebut, Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan? Toko konvensional memang seringkali tidak selengkap toko online. Oleh karena itu, pelaku bisnis toko online datang dari seluruh Indonesia. Bahkan dari penjuru dunia, Anda bisa mencari barang dari mana saja, hingga mancanegara sekalipun hanya dengan menggunakan aplikasi belanja online. Sebab, pada aplikasi belanja online banyak barang yang kalian cari atau kalian inginkan.

Jika Anda berbelanja produk yang diinginkan, di toko konvensional tentu agak sulit untuk membandingkan harga satu produk dengan produk harga produk lainnya. Lain halnya di toko online, Anda tinggal mencari toko online yang sesuai keinginan. Mencari barang yang akan dibeli, lalu membandingkan harganya satu per satu. Bukan hanya dari segi harga jual barang tersebut, tetapi Anda juga bisa bandingkan promo yang sedang berlangsung pada masing-masing toko online, sehingga Anda bisa mendapatkan penawaran harga terbaik.

Banyaknya kehadiran beberapa toko online saat ini membuat beberapa oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk berbelanja di situs online yang resmi atau toko online yang tergabung dalam marketplace. Pilihlah toko online dengan ulasan dan nilai yang baik. Toko tersebut juga dapat menggunakan pembayaran yang aman, melalui kredit, tanpa kartu kredit, atau cash on delivery. Tidak semua penjual pada toko online memfasilitasi metode pembayaran cash on delivery. Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan metode transfer atau pembayaran ke rekening.

Di era digital ini banyak perubahan di kehidupan masyarakat yang semua kegiatan menggunakan Smartphone. Maka dari itu semua dapat dilakukan dengan cepat dan menghemat waktu. Apalagi jika yang melakukan pembelanjaan secara online adalah seorang ibu rumah tangga. Belanja online melalui smartphone akan sangat membantu karena tinggal menunggu barang yang sudah dipesan diantar ke alamat rumah, serta dapat melakukan kegiatan yang lain tanpa harus datang ke toko konvensional.

Bank-Bank dan OJK berupaya untuk mengeluarkan Keuangan Digital, maka akan timbul rasa kenyamanan karena Anda tidak perlu membawa uang cash. Dengan berbelanja menggunakan uang digital, Bukti transaksi otomatis tersimpan secara online. Sehingga akan membuat lingkungan yang ramah dari kertas-kertas. Bukankah ketika Anda menggunakan Keuangan Digital terjadi proses yang demikian? Namun berbeda apabila Anda tidak menggunakan Keuangan Digital, Anda harus menyimpan hasil transaksi dan akan membuat lingkungan tidak ramah karena kertas.

Pembayaran pembelanjaan secara tunai sering dikatakan tidak efisien sebab biasanya akan membutuhkan waktu yang lama. Dan apabila jarak dari rumah ketempat pembelanjaan cukup jauh akan memakan waktu yang cukup lama. Belum juga antrean dalam pembayaran. Maka akan mengganggu aktivitas produksi lainnya. Namun akan merasa berbeda jika kalian menggunakan transaksi digital. Anda akan merasa lebih mudah dan kegiatan lain menjadi lancar.

Menggunakan Keuangan Digital merupakan hal yang cukup simple. Cukup menggunakan Smartphone dan juga jaringan internet yang lancer. Mudah dan simple bukan? Jadi kalian tidak perlu mengeluarkan uang secara tunai. Berbelanja hanya untuk cukup menggunakan Keuangan Digital yang ada di smartphone Anda. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan keunggulan dari penggunaan Keuangan Digital yaitu kemudahan, keramahan lingkungan, serta kehematan waktu.

Menggunakan Keuangan Digital ini bukan hanya ingin dikenal menjadi “Wah” saja. Namun Bank-Bank dan OJK menciptakan Keuangan Digital untuk membuat masyarakat menjadi lebih fleksibel dalam pembayaran. Terutama dalam pembelanjaan secara online. Keuangan Digital ini dipercaya aman dan Anda tidak perlu khawatir.

Selain memudahkan masyarakat dalam pembayaran, Keuangan Digital akan sangat berpengaruh pada transformasi pada masyarakat yang maju. Diimbangi dengan kapasitas Anda sebagai sumber daya manusia. Penggunaan Keuangan Digital ini bukan hanya untuk menguntungkan pihak Bank dan OJK saja, namun masyarakat dan pemerintah dalam pembangunan kemajuan perekonomian Indonesia. Apalagi di masa pandemi seperti ini akan sangat berpengaruh untuk Indonesia.

Di masa Pandemi ini Anda dianjurkan menggunakan pembayaran digital untuk mempermudah dalam berbelanja. Pemanfaatan pembayaran digital dan berbelanja secara online sangat membantu Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus. Hal itu dikarenakan Anda tidak perlu mendatangi toko konvensional dan berkerumun dengan banyak orang. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Keuangan Digital, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya