SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja sesuai passion. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak semata mencari uang, tak sedikit orang memilih bekerja sesuai passion. Ya, tak sedikit orang akhirnya mencari penghasilan dari kesenangan atau hobi mereka.

Mungkin Anda pernah menemui rekan kerja atau mungkin Anda sendiri yang memilih resign dari pekerjaan untuk memenuhi panggilan hati bekerja sesuai passion. Karena jika melakoni pekerjaan yang tidak sesuai dengan kesenangan kita biasanya bikin jenuh atau merasa pekerjaan yang dilakukan tidak menyenangkan sama sekali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika pekerjaan yang dipilih tepat dan mampu bekerja sesuai passion maka bisa bermanfaat bagi kesehatan. Simak ulasannya di info sehat dan tips karier kali ini.

Baca Juga: Perbedaan Ujian SIM C di Taiwan dan Indonesia Trending di Twitter

Berikut ini sejumlah manfaat yang bakal dirasakan ketika bekerja sesuai dengan passion seperti dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (10/12/2021):

1. Meningkatkan kualitas bekerja

Manfaat pertama bekerja sesuai passion adalah meningkatkan performa Anda. Keterlibatan Anda dalam pekerjaan menjadi salah satu poin penting untuk mendapat manfaat dari bekerja sesuai passion. Ketika Anda menyenangi pekerjaan yang digeluti, maka Anda mampu untuk lebih berkonsentrasi saat mengerjakan tugas sehari-hari dan lebih produktif.

Anda tidak akan menjalani pekerjaan dengan setengah-tengah. Karena Anda menyenangi pekerjaan tersebut, Anda dapat mencurahkan energi untuk mendapat hasil yang Anda harapkan. Sehingga kualitas pekerjaan Anda akan lebih baik.

2. Menjalani hari dengan kebahagiaan

Tekanan tidak selalu berarti buruk. Tekanan dapat berubah menjadi tantangan yang memotivasi untuk lebih baik ketika Anda bekerja sesuai passion.
Meski sedang dihadapkan dengan tugas yang sulit, bila hati Anda bahagia, tugas tersebut tetap bisa Anda kerjakan dengan penuh semangat dan tidak terasa berat.

Baca Juga: Bunda, Kenali Gejala Covid-19 Varian Omicron pada Anak Berikut Ini

3. Mencegah stres

Stres merupakan sinyal bagi tubuh agar bersiap menghadapi sesuatu. Sebenarnya, stres juga bisa menjadi motivasi, seperti saat belajar untuk menghadapi ujian. Namun, reaksi stres seperti napas dan detak jantung lebih cepat serta tegang otot yang terjadi terlalu sering dapat mengganggu fungsi tubuh.

Stres kronis membuat tubuh selalu terjaga sehingga tidak pernah menerima sinyal agar kembali berfungsi dengan sewajarnya. Masalah kesehatan yang dapat terjadi karena stres kronis adalah gangguan pencernaan, gejala-gejala depresi, dan gangguan kecemasan. Bekerja sesuai passion dapat membantu Anda mencegah stres kronis saat bekerja.

4. Bantu menjaga sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mental, bekerja sesuai passion juga bermanfaat untuk kesehatan fisik, salah satunya adalah menjaga kekebalan tubuh.  Menjalani pekerjaan yang menyenangkan akan membuat Anda lebih bahagia. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa perasaan bahagia dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Baca Juga: Positif Covid-19, Siwon Super Junior Tak Hadiri MAMA 2021

Kaitan di antara keduanya sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun kemungkinannya, orang yang bahagia cenderung lebih sering melakukan kebiasaan yang membuat tubuh tetap sehat, misalnya menjalani pola makan sehat serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

5. Menurunkan risiko terserang penyakit kronis

Menurut National Institute of Mental Health, tubuh dan pikiran yang sering mengalami stres dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.  Pada awalnya, stres meningkatkan tekanan darah. Seiring waktu, stres dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada jantung. Bahaya diabetes turut membayangi seseorang dengan stres yang berlarut-larut.

Dengan demikian, bekerja sesuai passion dapat membantu melewati hari lebih mudah dan ceria. Alhasil, risiko terserang penyakit kronis juga dapat diminimalisasi. Hidup bahagia adalah salah satu kunci hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya