Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

BEI HUT ke-45, Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat Tipis

Bertepatan dengan HUT pasar modal Indonesia yang ke-45, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (10/8/2022) hari ini diprediksi menguat.
SHARE
BEI HUT ke-45, Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat Tipis
SOLOPOS.COM - Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

Solopos. com, JAKARTA – Bertepatan dengan HUT pasar modal Indonesia yang ke-45, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (10/8/2022) hari ini diprediksi menguat.

Penguatan IHSG beberapa hari terakhir berpotensi tertahan setelah kemarin, Selasa (9/8/2022) ditutup menguat 0,2 persen ke level 7.102.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang mengatakan kombinasi jatuhnya Indeks DJIA sebesar 0,18 persen disertai turunnya harga beberapa komoditas seperti nikel turun dihari kedua sebesar 0,53 persen dan timah turun dihari kedua sebesar 0,63 persen menjadi beban bagi gerak IHSG.

Selain itu, hal tersebut terjadi di tengah mulai merangkak naiknya yield Obligasi AS tenor 10 tahun, semakin menambah faktor penahan IHSG untuk menguat tipis.

“Padahal seharusnya IHSG bisa menguat lebih besar karena didorong katalis penguatan EIDO sebesar 0,38 persen serta naiknya harga beberapa komoditas seperti batu bara 4,02 persen, minyak 0,05 persen, emas 0,28 persen serta CPO menguat 1,03 persen,” kata Edwin dalam riset harian.

Baca Juga: IHSG Diperkirakan Berlanjut Menguat, Cek Saham-Saham Ini

Edwin memperkirakan IHSG pada hari ini bisa bergerak dalam rentang 7.061 – 7.134. Sementara itu, rupiah bisa bergerak di kisaran Rp14.830 – Rp14.890 per dolar AS. Saham yang menjadi pilihan hari ini ada INCO, ANTM, TINS, ADMR, AKRA, EMTK, BBNI, CTRA, AGII, ADRO, ITMG, BMRI, ACES, HRUM, hingga BBRI.

Tim Analis MNC Sekuritas mengatakan posisi IHSG diperkirakan sudah berada di akhir wave (c) dari wave [x] pada label hitam atau wave (D) pada pola triangle di label merah, yang berarti penguatan IHSG sudah cukup terbatas.

“Selanjutnya, IHSG rawan koreksi ke level terdekatnya di 7.000-7.050 terlebih dahulu. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan IHSG overshoot ke rentang 7.160-7.174 untuk menutup gap yang ada,” kata Tim Analis MNC Sekuritas dalam riset harian, Rabu (10/8/2022).

MNC Sekuritas memperkirakan hari ini IHSG dapat bergerak dengan level support di 7.030, 6.900, dan level resistance di 7.160, 7.194.

Sementara itu, Artha Sekuritas Indonesia memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat untuk perdagangan Rabu (10/8/2022) ini.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Cermati Saham-Saham Ini

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper menyampaikan IHSG pada perdagangan hari ini ditutup menguat dengan rentang terbatas.

Menurutnya pergerakan kemarin didorong oleh rilis data retail sales yang mencatatkan pertumbuhan. Di sisi lain, musim rilis kinerja emiten per semester I/2022 juga mendorong penguatan.

Adapun pada perdagangan besok, Dennies memprediksi IHSG melanjutkan penguatan. Dia menjelaskan secara teknikal candlestick, IHSG membentuk higher high dan higher low mengindikasikan potensi penguatan.

“Pergerakan akan didorong musim rilis laporan kinerja emiten per semester I/2022. Selain itu, investor akan mencermati rilis data retail sales,” tulisnya dalam riset harian, dikutip Selasa (9/8/2022).

Di sisi lain, Dennies mengatakan investor perlu mewaspadai stochastic yang membentuk deadcross di area overbought sehingga IHSG rawan terkoreksi Untuk perdagangan esok hari, Artha Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak dengan support 7.081 dan 7.060 serta resistance 7.133 dan 7.164.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode