SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik Lebaran (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mengkaji aturan saat mudik Lebaran 2022. Namun demikian, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) sudah mengusulkan mengenai aturan saat mudik Lebaran.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai aturan mudik nantinya tidak perlu mewajibkan lagi hasil tes Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Penjualan Tiket KA Mudik Lebaran 2022, PT KAI Tunggu Aturan Pemerintah

Menurut dia, protokol kesehatan yang diatur dalam persyaratan perjalanan baru saat ini sudah cukup. “Saya kira tidak usahlah pakai antigen [atau RT-PCR]. Prokes seperti sekarang apa. Tapi untuk periksa suhu, atau syarat perjalanan sebelum naik transportasi umum tetap diperlukan,” terang Djoko, Senin (21/3/2022).

Berdasarkan aturan baru dari Kemenhub, seluruh moda transportasi tidak perlu menyertakan hasil tes Covid-19 antigen atau RT-PCR bagi penumpang yang sudah divaksin dosis kedua (lengkap) maupun ketiga (booster).

Aturan tersebut berlaku bagi penumpang seluruh moda transportasi baik pesawat, kereta api, penyeberangan, dan darat seperti angkutan antarprovinsi, dalam provinsi, pariwisata, barang, mobil penumpang, sepeda motor, angkutan sungai dan danau.

Kendati demikian, Djoko mengimbau agar pemerintah bisa berkoordinasi dengan asosiasi pelaku transportasi. Contohnya, bagi pelaku transportasi darat. Dia mengatakan koordinasi perlu dilakukan untuk memastikan agar seluruh pelaku jasa transportasi tetap mematuhi aturan yang ada meskipun diberikan kelonggaran.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melandai, Lebaran Tahun Ini Boleh Mudik?

“Misalnya kendaraan bus yang berangkat dari pool atau terminal itu sudah aman [pelaksanaan aturan perjalanannya]. Tapi kalau bus sewa pribadi atau pariwisata satu RT misalnya itu sulit [dipantau]. Makanya harus kerja sama dengan Organda agar mau menertibkan anggota,” tutur Djoko.

Sebelumnya, Kemenhub memberi sinyal bahwa akan ada pembahasan soal aturan perjalanan mudik pada pekan ini. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pihaknya akan membahas hal tersebut pada esok hari. “Lagi mau saya rapatkan Selasa besok,” katanya melalui pesan singkat, Kamis (17/3/2022).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com berjudul MTI Beri Usul Soal Aturan Mudik Lebaran 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya