SOLOPOS.COM - Ilustrasi cangkok hati pada pasien hepatitis akut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mencatat belum ada laporan atau temuan kasus suspek hepatitis akut di Solo hingga Selasa (17/5/2022). Meski begitu sejumlah langkah dilakukan untuk mitigasi penyakit yang belum diketahui etiologinya itu.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan DKK Solo, Sri Rahayu Susilawati, menjelaskan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi sudha dilakukan sesuai petunjuk teknis surat edaran tentang kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“[Pasien] Diperiksa di puskesmas. Kalau puskesmas tidak mampu bisa dirujuk dan rumah sakit [RS] siap,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (17/5/2022).

Dia mengatakan semua RS di Kota Solo yang biasa menangani pasien hepatitis sudah siap memberikan pelayanan jika ada kasus suspek hepatitis akut. RS diminta menyediakan ruang isolasi bagi pasien.

“Ruang isolasi bisa memakai ruang isolasi yang pernah digunakan untuk perawatan pasien Covid-19. Memang harus sekian persen rumah sakit menyediakan ruang isolasi,” paparnya.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut, Kepala DKK Solo Sarankan Ini

Menurut Rahayu, proses penapisan hepatitis akut berbeda dengan Covid-19 yang sudah ketahuan virusnya dengan uji laboratorium. Penapisan dilakukan dengan cara memilah.

Misalnya satu sampel bukan termasuk Hepatitis A dan hepatitis lainnya. “Kami terus melakukan koordinasi bersama IDAI [Ikatan Dokter Anak Indonesia] dan rumah sakitnya,” paparnya.

Perempuan yang akrab disapa Yayuk itu mengatakan puskesmas di Kota Solo berperan dalam upaya preventif terkait hepatitis serta berperan dalam deteksi dini hepatitis akut.

Baca Juga: Penularan Hepatitis Akut Melalui Makanan Minuman? Ini Kata Dosen FK UNS

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sejumlah rumah sakit swasta telah memberikan edukasi mengenai hepatitis akut kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan RS Dr Oen Kandang Sapi Solo.

RS tersebut menggelar bincang-bincang bersama Dokter Spesialis Anak RS Dr Oen Kandang Sapi Solo, Irfan Dzakir, melalui Instagram Live, Sabtu (14/5/2022).

RS Kasih Ibu Solo juga melakukan edukasi mengenai Hepatitis pada anak bersama dokter Dika melalui Instagram Live, Sabtu (14/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya