SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak membawa tas sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Agar tidak membebani dan mengganggu tumbuh kembang anak, orang tua sebaiknya mengetahui bagaimana cara membawa tas sekolah yang baik bagi anak. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Ketika sekolah pasti buah hati Anda selalu membawa tas untuk menaruh barang yang akan dibawa sekolah. Pemilihan tas yang nyaman serta barang yang akan dibawa anak harus diperhatikan supaya anak tidak terbebani oleh berat yang dibawa pada ranselnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari kanal Youtube Majalah Bobo pada Selasa (13/9/2022). Miss Aya yang merupakan Guru TK ABCDE di Jakarta membagikan tips bagimana cara membawa tas sekolah yang baik bagi anak

1. Gunakan Tas Ransel

Tips yang pertama adalah pilih dan gunakan tas ransel kepada anak. Hindari penggunaan tas Pundak atau slempang, karena hal ini akan membuat pundak anak berat sebelah.

Baca Juga: Tips Mengerjakan PR tanpa Terbebani

2. Gunakan Ransel pada Kedua Bahu

Tips selanjutny adalah gunakan ransel pada anak dikedua bahunya supaya ada keseimbangan pada bahu kanan dan kiri. Tali pada ransel juga harus sama panjang dan jangan menggunakan ransel pada salah satu bahu kanan ataupun kiri.

3. Postur Tubuh Harus Tegak

Tips membawa tas sekolah yang baik berikutnya adalah perhatikan postur tubuh anak. Ketika anak mebawa tas, postur tubuh anak harus tegak dan jangan membungkuk. Hal ini dilakukan agar anak tetap memiliki postur tubuh yang baik karena masih dalam masa pertumbuhan.

4. Membawa Barang yang Diperlukan

Tips yang terakhir adalah membawa barang yang hanya diperlukan saja oleh anak agar punggung tidak terbebani oleh benda berat. Barang yang perlu dibawa, seperti bekal makanan dan minuman anak.

Baca Juga: Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

Dalam akun YouTube juga terdapat wawancara dengan narasumber orang tua anak, seperti contohnya Ayunda Dewantari yang merupakan salah satu ibu dari anak yang bersekolah di TK ABCDE Jakarta.

“Yang menyiapkan tas sekolah saya bareng anak. Barang yang dibawa untuk anak cuma bekal sekolah karena pensil gambar dan buku gambar ada di sekolah. Tips supaya anak bersemangat sekolah adalah setiap pagi ngasih tahu kakak hari ini sekolah, hari ini ketemu temannya, bisa main sama temannya, hari ini kita mau bawa makanan apa. jadi dia juga happy membuka makanannya di sekolah,” ujar Ayunda seperti yang dikutip dari kanal YouTube Bobo pada Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Begini Kiat agar Anak Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

Selain Ayunda, ada Aisha Amanda yang menjadi narasumber dari orangtua anak di TK ABCDE Jakarta.  “Yang menyiapkan tas sekolah adalah saya, tapi sambil menyiapkan tempat makan saya tanya anak hari ini mau bawa makan apa. Dalam tasnya hanya membawa makanan dan minuman karena peralatan sekolah lain sudah disediakan dan ditaruh loker. Tips supaya anak bersemangat sekolah adalah menanyakan menu apa yang akan dibawa ke sekolah,” ujar Aisha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya