SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengajak anak mudik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi Anda yang memutuskan mengajak buah hati pulang ke kampung halaman pada Lebaran 2022 ini, ketahui tips agar anak rewel selama perjalanan saat mudik. Simak ulasannya di tips parenting dan tips mudik kali ini.

Baik naik kendaraan pribadi maupun transportasi umum, mudik bersama si kecil terkadang punya tantangan tersendiri. Pasalnya, di dalam perjalanan enggak menutup kemungkinan anak akan rewel atau bosan karena kemacetan, kelelahan, atau alasan lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah, berikut tips yang bisa diterapkan agar anak tidak rewel selama dalam perjalanan saat mudik seperti dikutip dari halodoc.com pada Senin (25/4/2022):

1. Cek Kesehatannya

Menurut ahli spesialis gizi, sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya ibu untuk memastikan bahwa anak tengah berada dalam kondisi yang fit. Pasalnya, mudik yang memakan waktu lama bisa jadi menguras tenaganya sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga:  Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Selain itu, siapkanlah obat-obatan sederhana untuk dirinya dan anggota keluarga lainnya. Misalnya, obat sakit kepala, obat alergi, obat sakit mag, mabuk perjalanan, hingga obat anti diare. Obat-obatan ini amat membantu sebagai pertolongan pertama selama mudik.

2. Jangan Lupakan Mainan Favoritnya

Bila anak memiliki mainan favorit seperti mobil-mobilan atau boneka, bawalah mainan tersebut untuk menghilangkan rasa penat di tengah perjalanan. Kata psikolog anak, sebaiknya bawalah mainan tersebut lebih dari satu agar ia enggak cepat merasa bosan. Lalu, berikan mainan itu satu persatu, bukannya sekaligus.

Baca Juga: Sejarah Mudik di Indonesia, dari Istilah Mulih Disik hingga Udik

Selain itu, ibu bersama anggota keluarga lainnya juga bisa menciptakan permainan sendiri. Misalnya, tebak kata, menghitung jumlah mobil, atau permainan menarik lainnya.

3. Ketahui Kebiasaan Si Kecil

Agar anak merasa nyaman selama perjalanan mudik, ibu bisa kembali mengingat kebiasaan si kecil. Mulai dari jam tidur, ekspresinya jika sudah mulai lelah, atau perilakunya jika sudah mulai bosan. Mengenal kebiasaan anak ini bisa membantu ibu menenangkan si kecil jika ia mulai rewel di perjalanan. Termasuk juga, menu makanan  si kecil. Bukan tidak mungkin ibu akan menemukan kesulitan menemukan makanan yang cocok dengan seleranya. Jadi, dari rumah ibu bisa menyiapkan menu khusus untuk berjaga-jaga kalau buah hati Anda sulit makan saat di jalan.

4. Persiapkan Aktivitas untuk Mengisi Waktu

Ibu sebaiknya perlu menyiapkan berbagai aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu baik dalam perjalanan maupun ketika bersitirahat. Tujuannya, agar anak enggak merasa bosan selama perjalanan mudik yang memakan waktu cukup lama. Ibu bisa menyediakan film kartun favorit atau bahkan buku cerita untuk anak.

Baca Juga: Ini Bagian Mobil Yang Perlu Dicek Sebelum Perjalanan Mudik

Kalau memungkinkan, singgah ke tempat tertentu saat dalam perjalanan mudik juga membuat si kecil lebih antusias, lho. Misalnya, dalam perjalanan mudik akan melewati pantai. Maka tunjukan pada di Si Kecil jadi ia punya “sesuatu” yang lain untuk dinantikan selama perjalanan.

5. Perbanyak Informasi

Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jalur yang akan dilewati. Misalnya, penginapan, tempat istirahat, restoran, dan tempat-tempat lainnya yang diperlukan selama perjalanan mudik. Nah, ketika anak sudah mulai merasa enggak nyaman di dalam kendaraan, ambil waktu rehat dan ajak dirinya bermain.

Baca Juga: Ada Buku Elektronik Panduan Mudik dari Kominfo, Ini Isinya

Agar dirinya enggak mudah merasa lelah atau bosan, disarankan untuk beristirahat setiap dua atau tiga jam. Hal ini pun juga bisa mengembalikan tenaga ibu atau ayah yang membawa kendaraan.

6. Pilih Moda Transportasi yang Tepat

Tips berikutnya agar anak tidak rewel saat mudik adalah pilihlah transportasi yang tepat. Kalau memilih mudik dengan transportasi umum, sebaiknya pilih yang sesuai dengan preferensi anak. Hingga saat ini, pesawat masih menjadi transportasi primadona yang banyak dipilih orang.

Selain bisa memangkas durasi perjalanan, transportasi udara ini juga bisa meminimalkan kondisi rewel si kecil saat di perjalanan. Namun, jika memilih kereta atau bis sebaiknya pastikan segala kebutuhan si kecil dalam perjalanan terpenuhi. Dengan begini, ia tidak bosan meski harus berada di perjalanan selama 8 hingga 12 jam atau lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya