SOLOPOS.COM - Tangkapan layar suasana akad nikah adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman, yang diselenggarakan di Graha Saba Buana pada Kamis (26/5/2022) pada pukul 09.00 WIB. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Prosesi pernikahan adik Jokowi, Idayati, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman di Graha Saba Buana (GSB) Jl. Letjend Sutoyo Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah pada Kamis (26/5/2022) dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Alunan gamelan mengiringi rangkaian prosesi akad nikah adik Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi itu dengan Ketua MK di gedung yang didekorasi dengan nuansa Jawa. Sekitar pukul 09.10 WIB rombongan mempelai laki-laki tiba di gedung Graha Saba Buana Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesuai adat tradisi Jawa, tahap pertama dilakukan prosesi pasrah tampi atau menyerahkan mempelai laki-laki kepada keluarga mempelai perempuan. Setelah diterima oleh keluarga mempelai perempuan, mempelai laki-laki langsung ke meja akad nikah.

Ketua MK, Anwar Usman, yang berasal dadi Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) tampak gagah mengenakan busana Jawa, beskap warna champagne. Laki-laki berjambang itu tampak tenang menjalani rangkaian tradisi Jawa hingga duduk di kursi akad nikah yang disediakan.

Setelah itu para saksi nikah satu per satu duduk di kursi yang disediakan. Mulai dari Jendral TNI Andhika Perkasa dan Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin. Andhika sebagai saksi dari mempelai laki-laki dan Ma’ruf Amin selaku saksi dari mempelai perempuan. Mereka mengenakan setelan jas.

Baca Juga : Pernikahan Adik Jokowi: Pejabat Daerah hingga Menteri Tiba, Ganjar Ada?

Setelah itu, Presiden Jokowi duduk di kursi yang telah disediakan. Dia menjadi wali nikah sang adik, Idayati. Jokowi mengenakan beskap terbuka dengan dalaman warna putih.

Tak lama kemudian mempelai perempuan, Idayati duduk di kursi akad nikah. Dia tampak cantik mengenakan kebaya champagne, warna senada dengan beskap yang dikenakan Ketua MK, Anwar Usman.

Sebelum dilakukan prosesi akad nikah, dibacakan ayat suci Alquran oleh Pimpinan salah satu pondok pesantren di Boyolali, Jawa Tengah, Agus Maarif.

Sementara itu, 200-an tamu undangan khusus akad nikah adik Jokowi dengan Ketua MK duduk di kursi masing-masing. Tamu undangan ditata berkelompok. Setiap kelompok dilengkapi dengan meja. Mereka berkelompok lima hingga enam orang per meja.

Baca Juga : Biodata Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya