SOLOPOS.COM - Politisi PKB Ida Fauziyah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Antara-Puspa Perwitasari)

Solopos.com, MOJOKERTO -- Politikus PKB, Ida Fauziyah, dipilih menjadi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warga di kampung halamannya di Mojokerto ikut bangga.

Seperti dilansir detik.com, kabar Ida Fauziyah diangkat menjadi Menaker rupanya sudah sampai di telinga warga Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Kediaman orang tuanya di Gang Timbangan Lama RT 22/ RW 08 , Dusun Kedungmaling, tampak dikerumuni sejumlah warga sekitar.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

"Di sini Bu Ida Fauziyah lahir," kata Yulia Ernawati, 40, warga Dusun Kedungmaling, kepada wartawan sambil melihat-lihat rumah orang tua Ida Fauziyah yang terlihat sepi, Rabu (23/10/2019).

Ida Fauziyah lahir 16 Juli 1969 dari pasangan almarhum H. Syahroni dan Hj. Musyarofah. Mantan anggota DPR 1999 sampai 2018 ini merupakan anak keempat dari enam bersaudara. Menurut warga Kedungmaling, Ida tidak lagi tinggal bersama orang tuanya sejak terpilih menjadi anggota DPR .

Ekspedisi Mudik 2024

Yulia menuturkan rumah di Dusun Kedungmaling itu saat ini dihuni ibunda Ida Fauziyah. Namun sejak Selasa (22/10) malam, rumah ini sepi. Baik pintu pagar maupun pintu rumah tampak terkunci.

"Kemarin jam 7 malam [sekitar pukul 19.00 WIB] ibunya Bu Ida berangkat ke Jakarta bersama saudara-saudaranya setelah ada kabar beliau jadi Menteri Ketenagakerjaan," ujarnya.

Cemburu, Suami LC Karaoke di Solo Tusuk Pelanggan Istrinya

Di mata Yulia, Ida Fauziyah merupakan sosok perempuan yang rendah hati dan pandai bergaul. Menurut dia, politikus PKB itu kerap pulang kampung untuk menyambangi ibunya. Setiap pulang kampung, Ida selalu menyempatkan diri menyapa para tetangganya.

"Beliau orang baik. Kalau pulang ke sini sering memberi uang ke warga untuk liwetan dan makan bersama. Beliau dan suaminya juga ikut makan bareng," ungkapnya.

Tak Dapat Jatah Menteri, Begini Komentar PSI

Diangkatnya Ida Fauziyah menjadi Menaker membuat para tetangganya bangga. Yulia menilai istri Taufiq Abdullah itu cocok menjadi Menaker karena mampu merangkul semua golongan.

"Harapan kami beliau memberi sumbangsih kepada kampung supaya maju. Kalau ada yang menganggur supaya dicarikan pekerjaan. Beliau juga supaya tetap baik dan rendah hati," harapnya.

Wali Kota Surabaya Risma Tolak Tawaran Jadi Menteri, Bukan Cuma Sekali

Hal senada dikatakan Umar Khotob, 50, tetangga Ida Fauziyah di Dusun Kedungmaling. Dia berpesan kepada Ida agar tetap menjadi orang yang jujur dan amanah dalam mengemban tugas sebagai Menaker di Kabinet Indonesia Maju.

"Saya juga berharap beliau tetap menjadi orang yang mudah bergaul dan baik dengan semua orang," ujarnya.

Sah! Ini Daftar Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf

Tidak hanya itu, Ida Fauziyah juga peduli dengan pendidikan. Dia mempunyai Islamic Boarding School Asy Syarif di Jl. Asy Syarif Nomor 9, Brangkal, Kecamatan Sooko, Mojokerto.

Warga sekitar menyebut, lembaga pendidikan ini didirikan Ida tahun 2017. Sekolah bertaraf internasional ini membuka pendidikan setingkat PAUD, TK dan SD. Anak-anak warga sekitar kabarnya mendapatkan keringanan biaya jika ingin sekolah di tempat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya