Begini Proses Membekukan Sel Telur Seperti Dilakukan Luna Maya

Membekukan sel telur seperti dilakukan artis Luna Maya bisa jadi belum begitu familier, termasuk proses dan biayanya.
SHARE
Begini Proses Membekukan Sel Telur Seperti Dilakukan Luna Maya
SOLOPOS.COM - Luna Maya. (Youtube/Venna Melinda Channel)

Solopos.com, SOLO-Membekukan sel telur seperti dilakukan artis Luna Maya bisa jadi belum begitu familier, termasuk proses dan biayanya. Sebagaimana diketahui pemeran film Mantan ini melakukan prosedur tersebut untuk mengantisipasi umur biologis.

Salah satu cara agar bisa tetap hamil dan memiliki anak sekali pun usia biologis telah bertambah adalah dengan membekukan sel telur. Ya, sebagai wanita seiring bertambahnya usia, kualitas sel telur wanita akan berkurang. Hal ini membuat wanita dengan usia lebih tua berisiko melahirkan bayi yang memiliki masalah kesehatan, seperti kelainan genetik atau kelainan bawaan saat lahir.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Lalu bagaimanakah proses membekukan sel telur? Pembekuan sel telur atau dikenal juga istilah oocyte cryopreservation adalah prosedur pengambilan sel telur wanita dari rahim, yang kemudian akan dibekukan dan disimpan di laboratorium. Ketika nantinya wanita sudah berencana untuk hamil, sel telur tersebut bisa dicairkan kembali dan dibuahi untuk kemudian ditanam di dalam rahim wanita.

Baca Juga: Antisipasi Umur Biologis, Luna Maya Sudah Membekukan Sel Telur

Mengutip laman alodokter.com pada Senin (17/1/2022), sebagian besar wanita memilih untuk menjalani prosedur pembekuan sel telur berawal dari kekhawatiran terhadap berbagai faktor yang dapat memengaruhi kesuburannya, baik akibat pertambahan usia atau masalah kesehatan tertentu.

Dengan membekukan dan menyimpan sel telurnya, wanita memiliki kemungkinan lebih besar untuk hamil di kemudian hari. Secara umum, prosedur pembekuan sel telur lebih baik dilakukan saat wanita berusia awal 20-an hingga awal 30.

Proses membekukan sel telur tidaklah singkat. Sebagai persiapan membekukan sel telur, dokter akan memeriksa kondisi kesehatan wanita secara umum dan mengukur fungsi indung telurnya. Jika kondisinya sehat, dokter akan menyuntikkan hormon khusus untuk merangsang ovarium dan mematangkan sel telur.

Setelah sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium, dokter akan mengambil sel telur tersebut dengan jarum suntik khusus yang dimasukkan melalui vagina. Selama prosedur ini berlangsung, wanita akan diberi obat bius.

Baca Juga: Ditanya Kemungkinan Balikan Sama Ariel Noah, Begini Jawaban Luna Maya

Sel telur yang berhasil diambil, kemudian akan didinginkan pada suhu di bawah 0 derajat Celsius dan disimpan di laboratorium.  Teknik terbaru dalam membekukan sel telur, yaitu ultra rapid cooling, dinilai dapat meminimalkan efek kerusakan pada sel telur. Teknik tersebut dapat memanfaatkan sel telur yang lebih sedikit dengan kemungkinan hamil lebih besar.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago