SOLOPOS.COM - Sebuah pertandingan silat mahasiswa. Ist/Antara/ilustrasi

Solopos.com, WONOGIRI — Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, turut hadir saat pertemuan 21 perguruan pencak silat di ruang Khayangan, kompleks Setda Kabupaten Wonogiri, Kamis (17/3/2022). Saat silaturahmi itu, Sriyono turut berbicara tentang perjalanan perguruan pencak silat di Wonogiri sejak 1998.

Sebagaimana diketahui, puluhan perguruan pencak silat di Wonogiri telah dikumpulkan Pemkab Wonogiri, Kamis (17/3/2022). Turut hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah aparat TNI/Polri, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Wonogiri, Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sriyono mengatakan tetiap perguruan pencak silat tak diperbolehkan terlibat dalam politik praktis. Rumusan tersebut guna meminimalkan konflik dalam hajatan nasional pada 2024 mendatang. Sejak 1998 hingga sekarang, tak pernah ditemukan konflik perguruan pencak silat dalam pemiihan umum (Pemilu).

Baca Juga : IPSI Wonogiri Siap Sosialisasikan Aturan Baru Pencak Silat.

“Dalam rangka kondusivitas menuju pemilu serentak 2024, peran aktif perguruan pencak silat di Kabupaten Wonogiri dalam mengawal sukses dan kondusivitas keamanannya sangat penting,” kata Sriyono.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Wonogiri, Weda Hendragiri, mengatakan kehadiran perwakilan perguruan pencak silat di Pemkab Wonogiri bertujuan menjaga dan meningkatkan kondusivitas sekaligus membina ormas perguruan pencak silat di Kabupaten Wonogiri. Arah utama pembahasannya untuk menyikapi tahun politik pada 2024 mendatang.

“Sebenarnya kalau di Kabupaten Wonogiri ini enggak ada permasalahan apa-apa. Jadi lebih menyikapi menjelang tahun politik 2024 agar perguruan pencak silat tidak masuk ke ranah politik praktis,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya