SOLOPOS.COM - Nicky Heyden (Ist/google image)

Nicky Hayden meninggal dunia.

Solopos.com, SOLO – Kabar duka datang dari dunia balap. Juara Motogp 2006, Nicky Hayden, meninggal dunia setelah mengalami kritis akibat kecelakaan yang dialaminya. Hayden meninggal di usia 35 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hayden merupakan sosok pembalap yang cukup tenar di dunia. Dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber, Hayden sudah mulai membalap sejak usia tiga tahun. Namun, di usia tersebut ia hanya membalap bersama saudara-saudaranya di trek sekitar rumah mereka.

Karier pembalap profesionalnya baru dimulai pada 1997 saat usianya menginjak 16 tahun. Dia turun di kejuaaraan AMA di kelas 600cc super sport. Tiga tahun berlaga di kejuaraan tersebut, Hayden pun mencicipi gelar juara.

Hal itu lah yang membuat Honda kepincut untuk meminang Hayden dan berlaga di Motogp pada 2003. Dia kemudian menjadi rekan setim Valentino Rossi kala itu. Saat itu, Rossi merupakan juara dunia bertahan.

Namun duet Rossi-Hayden hanya bertahan setahun di Honda. The Doctor memutuskan pindah ke Yamaha. Hayden pun menjadi andalan Honda setelah Rossi hengkang. Puncaknya, pembalap asal Amerika Serikat itu menjadi juara dunia Motogp 2006.

Gelar juara dunia Hayden itu sekaligus memutus dominasi Rossi yang memenangi lima musim sebelumnya. Kemenangan Hayden juga terbilang dramatis mengingat ia memastikan gelar juara dunia di seri terakhir.

Setelah itu, karier Hayden terbilang menurun. Juara dunia musim 2006 menjadi prestasi terbaik Hayden di Motogp setelah 14 tahun berkarier. Selain Honda, dia juga sempat membela tim Aspar, Marc VDS, dan Ducati. Dia memutuskan untuk hijrah ke ajang Superbike pada musim 2016.

Pada musim lalu, Hayden hanya mampu finis di peringkat kelima pembalap. Di musim ini, dia juga belum menunjukkan performa okenya. Namun, dia justru lebih dulu mengakhiri musim lebih cepat karena wafat.

Pada pertengahan Mei 2017 lalu, Hayden baru saja menjalani balapan Superbike seri Italai di Misano. Dia kemudian mengisi jeda liburannya setelah balapan dengan bersepeda di Rumini, Italia, Rabu (17/5/2017). Dia ditabrak mobil dan mengalami luka parah pada otaknya.

Karena lukanya yang sangat parah, Hayden di[indahkan ke rumah sakit di Cesena karena alat medisnya lebih lengkap. Setelah mengalami kondisi kritis beberapa hari, Hayden akhirnya menghembuskan napas terakhrinya pada Senin (22/5/2017) malam WIB.

Selamat jalan The Kentucky Kid!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya