SOLOPOS.COM - Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong (kiri) dan salah satu pendiri Pasoepati, Mayor Haristanto, membentangkan poster menyambut final leg II Piala Menpora antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Jalan Slamet Riyadi, kawasan Ngarsopura, Sabtu (24/4/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO — Tensi duel leg II final Piala Menpora antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Manahan, Minggu (24/4/2021) malam, diprediksi kian meningkat.

Itu adalah laga hidup mati kedua tim setelah di leg sebelumnya Persija unggul meyakinkan dengan skor 2-0. Meski demikian panpel memastikan pengamanan bakal berjalan seperti laga-laga sebelumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua panpel Piala Menpora di Solo, Paulus Haryoto, mengatakan sejauh ini tidak ada instruksi untuk menambah personel keamanan jelang final leg II akhir pekan ini. Pihaknya menilai suporter dari kedua belah kubu sudah cukup dewasa untuk tidak nekat nglurug ke stadion. Hal itu, imbuhnya, sudah terbukti pada final leg I di Sleman.

Baca Juga: Dana Bagi Hasil Cukai Bisa untuk Beli Mesin Pembuat Rokok di KIHT Kudus

“Saat leg pertama tidak ada pergerakan suporter yang berarti, cenderung landai. Ini artinya suporter sudah bertanggung jawab,” ujar Paulus saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (24/4/2021).

Namun panpel menyatakan bakal tetap melakukan upaya antisipatif seperti laga-laga sebelumnya. Menurut Paulus, ada sekitar 150 personel keamanan yang bakal disebar di empat zona di Stadion Manahan. Petugas keamanan terbanyak bakal ditempatkan di zona empat yakni kawasan luar stadion dengan 77 personel.

Personel di kawasan terluar ini bertugas menghalau suporter yang hendak memasuki stadion. “Jumlahnya masih sama seperti laga-laga sebelumnya, 150 orang [keamanan],” tutur Ketua Askot PSSI Solo itu.

Lebih jauh, panpel berkonsentrasi dengan para tamu undangan serta seremonial juara pada laga nanti. Paulus mengatakan sejumlah pejabat seperti Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, direncanakan hadir. Disinggung ihwal peluang kehadiran Presiden Joko Widodo, dia belum dapat memastikan. “Belum ada kabar.”

Sementara itu kelompok pendukung Persija dan Persib di Solo kompak tak akan nekat mendatangi stadion saat laga maupun usai laga. Perwakilan Jakmania Solo, Doni Putra Nuriawan, mengatakan kelompok sudah mengimbau 100-an anggotanya agar menonton bola dari rumah masing-masing.

Baca Juga: Istri ABK KRI Nanggala-402 Asal Wonogiri Yakin Suaminya Selamat: Pasti Ada Mukjizat

Jakmania, imbuhnya, juga tak akan menggelar nonton bareng (nobar) untuk mengantisipasi kerumunan. “Kami berkomitmen untuk tetap nonton bola dari rumah,” ujarnya.

Anggota Viking Solo, Acil, mengatakan kelompoknya juga tak akan mengunjungi stadion. “Sudah ada larangan tanpa penonton, kami enggak mau melanggar. Namun soal nobar memang kadang ada kawan yang masih menggelar, yang penting tetap menjaga protokol kesehatan saja.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya