SOLOPOS.COM - Surat wara-wara dari Pura Mangkunegaran Solo yang memastikan GPH Bhre Cakrahutomo sebagai Mangkunagoro X, Selasa (1/3/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Keluarga Pura Mangkunegaran Solo sudah menetapkan satu nama sebagai Mangkunagoro X yaitu GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Bhre merupakan putra Mangkunagoro IX dengan permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi.

Pengumuman itu dilakukan paada Selasa (1/3/2022) siang di Pura Mangkunegaran Solo. Sekitar pukul 10.30 WIB, di sisi timur pendapa kerabat Pura Mangkunegaran duduk di kursi menunggu kedatangan awak media.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka yaitu Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran KRMT Lilik Priarso, RT Supriyanto Waluyo, KPH Cuk Susilo, dan pemuda Pura Mangkunegaran, RMH Haryo Dananjoyo AB.

Baca Juga: Resmi! Mangkunegaran Solo Umumkan Bhre Cakrahutomo Jadi Mangkunagoro X

Hari itu awak media di Solo memang telah ditunggu kedatangannya untuk mendengarkan pengumuman siapa yang akan menjadi Mangkunagoro X.

Setelah awak media berkumpul, sekitar pukul 10.40 WIB Lilik Priarso memulai acara dan langsung membacakan kertas pengumuman yang dipegangnya. Secarik kertas itu dibungkus dengan stopmap dengan simbol Pura Mangkunegaran.

Tak butuh waktu lama bagi Lilik untuk menyelesaikan pembacaan surat pengumuman itu. Surat itu hanya berisi satu poin saja, yaitu penerus kepemimpinan di Pura Mangkunegaran, dari Mangkunagoro IX kepada Mangkunagoro X.

Baca Juga: Suksesi Mangkunegaran Solo, Paundrakarna Sebut Bhre Boneka Ibunya

Jumenengan

Disebutkan, sosok yang menjadi Mangkunagoro X yakni Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Sedangkan penobatan Bhre sebagai Mangkunagoro X akan dilakukan segera.

“Dene tata cara adat Jumenengan-Dalem badhe kalampahaken ing dinten Sabtu Pahing tanggal 9 Ruwah Alip 1055 utawi suryo kaping 12 Maret 2022,” ujar Lilik mewakili GRAy Retno Rosati Notohadiningrat dan GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat.

Lilik juga menyatakan tak ada tanya jawab bagi wartawan atas surat tertanggal 25 Februari 2022. Lilik justru berpesan tidak ada penggantian atau pemimpin baru di Pura Mangkunegaran, melainkan meneruskan kepemimpinan sebelumnya.

Baca Juga: Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

Sebab menurutnya pemimpin di Pura Mangkunegaran atau takhtanya tetap, yaitu Mangkunagoro. Penyebutan Mangkunagoro X sekadar meneruskan dari Mangkunagoro IX. Sedangkan nama kecilnya bisa disebutkan.

“Ini tidak ada penggantian atau pemimpin baru. Pemimpin di Pura Mangkunegaran, takhta itu tetap MN. Lebih baik dikatakan penerus. Dinasti atau Pura Mangkunegaran pimpinan atau penerusnya MN X. Nama kecilya mangga,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya