top ear
Ilustrasi olahraga di gym (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi olahraga di gym (Freepik)

Begini Panduan Aman Olahraga di Gym

Ada sejumlah panduan olahraga di gym agar tubuh sehat dan aman dari penularan Corona.
Diterbitkan Selasa, 2/03/2021 - 15:30 WIB
oleh Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, SOLO-Olahraga di gym sempat menjadi tren dan jadi bagian gaya hidup anak muda. Ketika pandemi Covid-19 melanda, melakukan olahraga di gym tentu menjadi tantangan tersendiri.

Bahkan  banyak yang tidak melakukan olahraga di gym lantaran fasilitas olahraga ini tutup. Namun sekarang, sejumlah fasilitas olahraga sudah mulai buka dengan menerapkan aturan baru sesuai protokol kesehatan. Nah, bagi Anda yang ingin kembali melakukan olahraga di gym, sebaiknya ketahui panduan aman olahraga di gym ya. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Seperti ruang publik lainnya, setiap tempat gym atau pusat kebugaran diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah. Berikut ini panduan aman olahraga di gym agar tubuh sehat dan aman dari risiko penularan virus Corona seperti dikutip dari Liputan6.com:

Baca Juga: Karakter Orang Lahir Di Bulan Maret, Seperti Apa Ya?

1. Sehat, tidak ada tanda-tanda sakit

Pastikan terlebih dulu bahwa kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat dan tidak ada tanda-tanda seperti akan sakit. Bila ada gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan/atau sesak nafas, otomatis tinggal di rumah untuk istirahat penuh.

2. Booking lebih dulu

Jika sehat dan bugar, sebelum pergi, kamu bisa hubungi terlebih dulu tempat gym atau fitnes langganan kamu untuk mengetahui ketersediaan ruang dan slot kelas. Beberapa klub fitnes sekarang bahkan sudah menghadirkan aplikasi mobile yang bisa diakses member untuk booking kelas secara online.

3. Bawa masker cadangan

Gunakan masker selama berada di area gym sudah menjadi hal wajib yang tidak bisa ditawar. Karena kamu olahraga dan berkeringat, untuk kenyamanan bawalah masker cadangan. Sekiranya masker sudah penuh keringat, segera ganti yang baru, dan buang masker lama ke tempat yang disediakan. Ketika keluar dari tempat gym, gunakan masker baru.

4. Penggunaan alat olahraga

Apabila menggunakan alat olahraga, sebaiknya tidak dipakai secara bersama-sama dan bersihkan dengan desinfektan sebelum dan sesudah digunakan. Jika kamu merasa kesulitan, bisa meminta petugas terkait untuk menyiapkan kebutuhan kamu.

Baca Juga: Bentuk Dan Ukuran Payudara Berubah, Kenali Tahapannya

5. Jaga jarak aman

Wajib menjaga jarak minimal 2 meter satu sama lain selama olahraga di dalam studio dan 1,5 meter di area lain. Lebih dari itu maka akan lebih. Disarankan untuk berolahraga di luar jam-jam sibuk. Sehingga kamu bisa lebih nyaman dan menggunakan berbagai peralatan gym.

6. Ikuti kelas gym online

Mengingat ada batasan pengunjung di setiap klub gym atau fitnes, maka sebagai antisipasi kamu bisa mengikuti kelas gym online agar olahraga bisa berjalan secara rutin dan tidak terputus.

Selain beberapa panduan di atas, jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan sebelum memulai olahraga. Kamu bisa memilih gerakan peregangan Neuromove sebagai pilihan peregangan agar tubuh lebih rileks dan terhindar dari risiko kebas dan kesemutan saat sedang berolahraga.


Editor : Profile Astrid Prihatini WD
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #Sport #tips kesehatan

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya