Begini Latihan Tari Sufi Santri Ponpes di Boyolali saat Ramadan

Latihan bertujuan agar santri memiliki hati yang tenang
SHARE

Solopos.com, BOYOLALI — Belasan santri perempuan dan laki-laki di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hidayah Al Mubarokah, Dusun Tempel, Desa Sempu, Kecamatan Andong, Boyolali, mengisi waktu sebelum berbuka puasa atau ngabuburit dengan cara tak biasa.

Mereka berlatih tarian sufi sambil menunggu waktu berbuka puasa di antara sawah-sawah yang membentang mengelilingi pondok mereka dan halaman pondok pada Jumat 22 maret 2022 sore.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Baca Juga: Santri Boyolali Tak Pusing Berputar-Putar Menari Sufi, Ini Rahasianya

Salah satu santri, Alma Nur Aida, mengatakan mengenal tari sufi empat tahun lalu. Ia mengatakan saat kali pertama belajar tari sufi tidaklah mudah.

Ia mengatakan latihan tari sufi tak hanya dilaksanakan saat Ramadan, tapi juga pada hari-hari biasa. Lebih lanjut, Alma membocorkan rahasianya bisa berputar menari sufi selama beberapa menit.

Baca Juga: Kegiatan Ramadan, Warga Binaan Rutan Salatiga Khatamkan Al Qur’an

Sementara itu, salah satu pengajar tari sufi, Musa Asy’ari, mengungkapkan tujuan dilatihnya santri menari sufi adalah agar santri memiliki hati yang tenang.

Ia mengatakan tujuan dari tari sufi memang adalah meditasi kepada Sang Pencipta. Musa mengungkapkan tari sufi ini telah diajarkan di Ponpes Nurul Hidayah sejak lima tahun yang lalu. Maka dari itu, ia berharap tari sufi ini tetap akan menjadi tradisi di pondoknya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago