SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi mayat yang ditemukan di pematang sawah di Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, Rabu (6/7/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO–Sesosok mayat ditemukan di area persawahan di Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Rabu (6/7/2022).

Korban ditemukan dalam kondisi tengkurap. Kapolsek Mojolaban, AKP Tarto mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menyampaikan kronologi kejadian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Korban ditemukan di area persawahan di Dukuh Cangkol, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Korban merupakan warga sekitar bernama Mulyosuwito, 73. Berdasarkan keterangan dokter, korban meninggal karena terjatuh dan terjadi pendarahan dalam,” katanya kepada Solopos.com, Rabu.

AKP Tarto mengatakan pada hari Rabu, sekitar pukul 06.00 WIB, Salah seorang warga setempat, Budiman, 49 melihat sepeda ontel yang berada di jalan persawahan di Dukuh Dranan, atau di sebelah barat TKP.

Diketahui sepeda korban telah dalam keadaan mengembun.

Baca Juga: Mayat Pria Ditemukan di Sawah di Mojolaban, Sukoharjo, Meninggal Wajar?

Setelah melihat kejadian itu saksi mencari keberadaan pemilik sepeda di sekitar TKP, namun tidak bertemu.

Hingga akhirnya Budiman menemui saksi lain, Wagiman, 51, untuk membantu mengenali siapa pemilik sepeda ontel yang ditemukan itu.

Mereka kembali mengecek sepeda milik korban, ternyata masih tidak diketahui siapa pemilik sepeda tersebut.

Wagiman berinisiatif berkeliling di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) dengan maksud mencari keberadaan pemilik sepeda. Hingga akhirnya dia melihat ada sesosok pria dalam kondisi tidur tengkurap.

“Kedua saksi langsung mendekati korban, setelah melihat ternyata korban sudah meninggal dunia, maka Wagiman langsung menghubungi warga sekitar dan melapor ke Polsek Mojolaban,” jelasnya.

Baca Juga: Geger! Pria Diduga Pencuri Ditemukan Meninggal di Swalayan Sukoharjo

Setelah mendengar kejadian itu dia kemudian menerjunkan petugas untuk mendatangi TKP bersama dengan tim medis Puskesmas Mojolaban.

Sesampainya di TKP  petugas meminta warga sekitar untuk mengenali korban.  Setelah diketahui identitas korban,  kemudian petugas medis dari Puskesmas Mojolaban yang dipimpin dr Dyah Omi melakukan visum luar terhadap korban.

“Sesuai keterangan dokter korban meninggal karena pendarahan dalam karena terjatuh dan diperkirakan sudah meninggal lebih dari 12 jam, serta tidak ditemukan tanda tanda kekerasan,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan keluarga, korban diketahui pergi meninggalkan rumah pada hari Selasa (5/7/2022) sekitar pukul 13.00 WIB untuk mencari rumput  pakan kambing.

Setelah penemuan itu, korban langsung dibawa ke rumah duka dan diserahkan ke pihak keluarga. Dalam kejadian itu, pihak keluarga menerima kondisi kematian korban dan menolak untuk diautopsi.

Dalam kejadian itu, tiga barang bukti ditemukan di TKP. Di antaranya sabit yang digunakan untuk mencari rumput, kantong rumput dan juga sepeda ontel.

Sebelumnya, seorang pria ditemukan meninggal dunia di pematang sawah di Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, Diperkirakan korban telah meninggal sehari sebelum ditemukan. Hal itu disampaikan saudara sepupu korban, Rianto, 47.

“Korban pak M, 70, masih saudara dengan saya. Kemungkinan meninggal kemarin setelah mencari rumput,” kata dia saat ditemui di lokasi penemuan mayat, Rabu (6/7/2022).

Penemuan mayat itu menggemparkan warga sekitar, dia mengatakan pada pukul 06.00 WIB salah seorang saksi mata menemukan sepeda milik korban yang terparkir di pinggir jalanan sawah saat sedang membuang tikus.

Setelah melihat kejadian itu, kata dia, saksi menemukan korban tergeletak di pematang sawah dan langsung mencari bantuan. Sekira pukul 07.25 WIB evakuasi dilakukan oleh kepolisian dibantu warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya