Begini Konsep Desain Interior Rumah Minimalis Ala Milenial

Arsitektur modern dalam hal ini, minimalis akhirnya menjadi pilihan dan tren hingga tahun ini. Desain yang simpel, tidak banyak pernik-pernik, didukung kemajuan teknologi, dan interior yang praktis namun multifungsi menjadi gambarannya.
Begini Konsep Desain Interior Rumah Minimalis Ala Milenial
SOLOPOS.COM - Ilustrasi menata ruang hunian nyaman minimalis (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Desain interior bergaya minimalis masih menjadi pilihan tren tahun ini. Kalangan milenial dengan gaya hidup yang mandiri, simpel dan serbapraktis sedikit mempengaruhi gaya arsitektur di masa sekarang.

Senior Arsitek dari Hadiprana Design Consultan, Arief Sedijanto, mengatakan arsitektur modern dalam hal ini, minimalis akhirnya menjadi pilihan dan tren hingga tahun ini. Desain yang simpel, tidak banyak pernik-pernik, didukung kemajuan teknologi, dan interior yang praktis namun multifungsi menjadi gambarannya.

Misalnya kini lebih banyak rumah yang memiliki pantry kecil yang bisa difungsikan sebagai ruang keluarga bahkan tamu. Hal itu karena memang tren memasak yang 'ribet' terbilang sudah jarang. "Hidup itu makin simpel termasuk ruang semakin simpel dan peralatan juga simpel. Secara fungsi dan visual minimal," jelasnya seperti dikutip dari Bisnis.com.

Tak hanya itu, tren protokol kesehatan juga diterapkan. Arief mengaku banyak kliennya kini yang meminta dibuatkan tempat cuci tangan atau ruangan khusus blue light sebagai upaya pencegahan virus corona masuk dan menyebar ke dalam rumah.

Baca Juga: Rumah Tapak Diperkirakan Masih Menjadi Pilihan Milenial Mencari Properti

Munculkan Pencahayaan dan Penghawaan Alami

Pandemi Covid-19 juga mengubah model tata ruang, karena kini rumah wajib memiliki ruang kerja. Hal itu lantaran Covid-19 memaksa banyak orang melakukan aktivitas di rumah, tak terkecuali bekerja. Sebuah ruang lengkap dengan 'alat perang' yang mendukung pekerjaan termasuk kedap suara menjadi tren di masa kini.

Di sisi lain, Arief menerangkan banyak konsumen yang meminta rumah dibuat lapang dengan meminimalisir sekat. Kecuali ruang privasi seperti kamar tidur. Jendela panjang dan besar, serta atap yang tinggi juga diminati guna menjamin terjadinya sirkulasi udara yang baik.

Manfaat lain, ruang minim sekat dan jendela besar ini guna memunculkan pencahayaan dan penghawaan alami. Dengan rumah ramah lingkungan karena adanya penghematan energi pun tercipta. "Ramah lingkungan tidak selalu terhadap tanaman tetapi energi. Hunian yang ramah lingkungan bisa lebih efisien terhadap energi yang bisa dipakai," tutur Arief.

Dia menambahkan walaupun model rumah modern sedang diminati saat ini, sebagian orang juga menyukai rumah bergaya klasik, begitu pula dengan arsitektur Indonesia.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago