SOLOPOS.COM - Kegiatan LDKO SMA Batik 1 Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebagai upaya untuk membangkitkan potensi siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan, SMA Batik 1 Solo melaksanakan kegiatan LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS) tahun 2022-2023.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Januari 2023 ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh bidang kesiswaan. Tujuan kegiatan ini tentu saja untuk menyambung tali estafet dari kepengurusan OSIS yang lama dengan yang baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu juga sebagai sarana mengaktualisasi potensi siswa dalam hal kepemimpinan (leadership) dan kedisiplinan dalam rangka menyiapkan mereka agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, mandiri, tangguh dan demokratis.

Ekspedisi Mudik 2024

LDKO dilaksanakan di Gedung SMA Batik 1 Solo dan Korem Korem 074 Warastratama Surakarta. Acara hari pertama dibuka dengan sambutan dari Bapak Sutana selaku kepala sekolah dan dilanjutkan dengan bermacam materi tentang organisasi.

Adapun susunan acara hari pertama diawali dengan materi tentang kepemimpinan (leadership) serta kedisiplinan yang dipaparkan oleh Waka kurikulum, Bapak M.Setio Nugroho, yang dilanjutkan dengan materi tentang kedisiplinan dari Ibu Wahdah Rochmawati selaku Waka bidang kesiswaan. Para anggota OSIS juga  menerima materi tentang kehumasan dan sponsorship dari Ibu Sri Munarsih selaku Waka Humas.

Pada hari itu juga disampaikan mengenai program kerja yang dipimpin langsung oleh anggota OSIS senior dan diakhiri dengan materi seperti tata cara melaksanakan rapat, tata tertib dan peraturan organisasi.

Sabtu, (27/1/2023) LDKO hari kedua dilaksanakan secara outdoor tepatnya di Korem 074/Warastratama. Pada kegiatan di luar ini, para calon anggota OSIS ini diberi pelatihan baris berbaris (PBB) untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin serta tanggung jawab.

Selanjutnya sebagai refreshing, para calon anggota OSIS diajak untuk outbond yang tidak hanya untuk hiburan tapi juga melatih kerja sama tim dan kekompakan. Setelah kegiatan tersebut, para peserta LDKO dilanjutkan materi tentang komunikasi, manajemen konflik, dan administratif organisasi yang disampaikan oleh anggota TNI selaku pemateri.

Harapannya dari LDKO ini adalah agar siswa/siswi SMA Batik 1 Solo mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan yang akan melahirkan sosok pemimpin yang berkarakter kuat, cerdas, nasionalis dan patriotis khususnya di organisasi intra sekolah, dan umumnya untuk kemajuan sekolah serta lingkungan sekitar sehingga tercipta masa depan yang lebih baik. 

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya