SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang kaya naik private jet. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Saat ini tidak sedikit orang pamer kekayaan di media sosial, lalu bagaimana pandangan dan hukum menurut Islam terkait hal ini? Flexing atau pamer kekayaan menjadi salah satu konten yang cukup banyak dibuat para content creator media sosial.

Kekayaan yang dipamerkan bukan sekadar piknik dengan kapal pesiar mewah, melainkan juga mobil baru, rumah baru, hingga tumpukan uang. Misalnya crazy rich Indra Kenz yang beberapa kali memamerkan mobil mewah miliknya disertai kisah masa lalunya yang bukan berawal dari keluarga kaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas bagaimana pandangan Islam terhadap pamer kekayaan ini?  Memamerkan kekayaan ternyata termasuk dalam sikap riya. Dan Islam sebagai agama yang mengajarkan akhlak yang luhur dan mulia amat melarang pemeluknya untuk mendekati akhlak tercela, termasuk riya di dalamnya. Disadari atau tidak, sikap riya termasuk perbuatan syirik kecil yang dosanya amat besar.

Baca Juga: Aset Rp43,5 M Milik Indra Kenz Disita, Rp57,2 Miliar Lagi Menyusul

Allah berfirman, “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS Luqman:18)

Mengutip laman sinergifoundation.org pada Senin (14/3/2022), apalagi jika sikap pamer ini diikuti dengan anggapan dirinya lebih mulia dari orang lain sehingga meremehkan, menghina, serta merendahkan orang lain baik dengan perbuatan maupun perkataan.

Rasulullah SAW bersabda, “Cukuplah seseorang dikatakan berbuat jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim.” (HR Muslim)

Baca Juga: Aset Doni Salmanan Disita, Isteri Disindir Warganet: Bakal Setia?

Begitu buruknya sikap riya ini bahkan dapat membatalkan dan menghapus pahala amal soleh.  Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ kepada manusia.” (QS Al Baqarah: 264)

Baca Juga: Penampakan Mobil Mewah Milik Crazy Rich Doni Salmanan

Karena itu Sahabat, jauhilah selalu bersikap pamer atau riya. Sebab harta yang kita banggakan di dunia tidak akan membawa kebaikan jika hanya dipertontonkan kepada orang lain. Akan lebih baik jika harta tersebut dimanfaatkan dalam kebaikan tanpa perlu diketahui orang lain dengan maksud membanggakan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya