SOLOPOS.COM - Ilustrasi nonton film (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Ada sejumlah kekhawatiran bakal ada persebaran virus Corona di gedung bioskop setelah film selesai diputar. Benarkah demikian?

Simak ulasannya dalam tips kesehatan kali ini. Cinema XXI dan startup bioteknologi Nusantics menggelar penelitian untuk mendeteksi kemungkinan adanya virus corona terkait udara yang berada di dalam studio bioskop. Tim peneliti Nusantics mengambil sampel udara dengan alat khusus dari lima lokasi bioskop Cinema XXI pada 23 - 27 Maret 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengambilan sampel dilakukan sebelum jam tayang pertama dan setelah jam tayang terakhir di studio bioskop. Hasilnya, tidak ditemukan partikel virus SARS COV-2 atau mutasinya seperti B.1.1.7, B.1.351, E484K dan D614G pada bioskop XXI yang diteliti. Chief of Technology Officer (CTO) Nusantics, Revata Utama, menuliskan dalam siaran resmi bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dukungan kami agar industri film Tanah Air dapat bangkit kembali dan hasilnya dapat menumbuhkan tingkat kepercayaan masyarakat untuk #KembalikeBioskop dengan aman, karena Cinema XXI telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Baca Juga: Ini Manfaat Sarapan Sebelum Jam 08.30 Pagi

Sebelumnya Nusantics juga tergabung dalam gugus tugas penanggulangan pandemi yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Nusantics merancang desain utama PCR test kit untuk mendeteksi Covid- 19 dengan strain virus lokal dan mutasi terbaru yang kemudian diproduksi oleh Biofarma dan telah digunakan di seluruh Indonesia sejak April 2020. Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, juga menyatakan dukungannya untuk kebangkitan industri perfilman. Dia mengatakan, jangan jadikan pandemi sebagai penghalang bagi kemajuan industri film tanah air.

"Kita harus tetap mendukung pelaku industri untuk dapat berkarya dan memastikan karyanya dinikmati masyarakat. Protokol dan upaya pencegahan harus tetap dijalankan, tetapi riset seperti ini juga penting dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisi di lapangan demi keamanan bersama."

Sementara itu, Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI Dewinta Hutagaol mengatakan hasil riset membuat pihaknya semakin semangat menyambut masyarakat kembali ke bioskop untuk menuntaskan kerinduan dalam menikmati pengalaman menonton di bioskop.

"Lebih lanjut kami berharap, bioskop sebagai hilir dari industri Perfilman Nasional dapat kembali memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan perfilman tanah air dan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, industri perfilman bangsa dapat kembali bangkit," tulisnya seperti dikutip dari Antara dan Bisnis.com, Selasa (30/3/2021)

Dia pun tetap mengimbau penonton untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung ke bioskop dan menunda pergi ke bioskop bila merasa kurang sehat. Pada 2019, industri perfilman Indonesia sedang bertumbuh sangat pesat, sejalan dengan data dari filmindonesia.or.id yang menyatakan bahwa film Nasional ditonton oleh hampir 52 juta orang. Namun, semuanya berubah ketika pandemi melanda dunia tahun 2020 lalu. Seluruh industri, termasuk industri perfilman di Indonesia harus berhenti sejenak. Setelah melalui berbagai penyesuaian peraturan terkait pergerakan sosial, adaptasi kebiasaan baru serta proses vaksinasi selama satu tahun masa pandemi, harapan itu kembali hadir.

Baca Juga: Pemerintah Terus Memantau Mutasi Virus Corona

Berbagai sektor industri mulai kembali bangkit. Sayangnya, industri perfilman nasional masih belum bergerak secara optimal, terlihat dari jumlah perolehan film nasional yang hingga Maret 2021 baru dinikmati oleh sekitar 445.000 penonton. Sebagai hilir dari industri perfilman nasional, bioskop mengedepankan keamanan dan kenyamanan pengunjung dan seluruh karyawan. Komitmen untuk membuat penonton merasa aman dan nyaman diwujudkan melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat sesuai dengan anjuran Pemerintah Pusat dan Daerah, proses disinfeksi ruangan secara berkala, pemasangan lampu UV – C serta memperhatikan proses sirkulasi udara, memastikan pasokan udara segar, dalam ruangan bioskop.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya