SOLOPOS.COM - Ilustrasi WFH. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Selama pandemi Covid-19, masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah termasuk WFH. Padahal work from home ini bisa membuat gula darah atau diabetes semakin tak terkontrol.

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari diabetes saat kita harus WFH?WFH membuat kita jarang bergerak dan bisa lebih leluasa mengemil sambil bekerja. Ini berisiko memicu obesitas dan menaikkan gula darah. Simak ulasan selengkapnya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ahli endokrinologi, Altamash Shaikh, mengungkapkan sangat penting untuk mengelola diabetes Anda saat bekerja dari rumah. Sayangnya WFH berdampak negatif sekaligus positif bagi kesehatan. Salah satu dampak negatifnya adalah diabetes.

Baca Juga: Raih Artist of the Decade di Billboard Music Awards, Drake Beberkan Perjuangan Rintis Karier

“WFH membuat penambahan berat badan, kelesuan, kecanduan ponsel, gaya hidup tidak sehat, pola makan yang buruk,” seperti dikutip dari Pink Villa dan Bisnis.com, Selasa (25/5/2021).

Berikut beberapa tips untuk mengelola diabetes Anda selama WFH:

1. Tidur nyenyak dan sedikit lebih awal

Cara pertama terhindar dari diabetes saat WFH adalah jaga waktu tidur. Untuk kesehatan yang baik, maka Anda perlu tidur yang cukup. Kurang istirahat dan kebiasaan tidur yang buruk dapat mempengaruhi sensitivitas insulin dan kadar glukosa darah.

Itu dapat meningkatkan nafsu makan yang menghasilkan penambahan berat badan. Kurang tidur menyebabkan penurunan hormon pertumbuhan dan peningkatan kadar kortisol. Lebih baik tidur cukup setiap malam selama 7-8 jam.

2. Latihan untuk mengelola diabetes dan stres

Karena ruang terbatas, beberapa orang mungkin merasa dibatasi untuk berolahraga. Namun, WFH dan latihan dari rumah keduanya dimungkinkan. Anda bisa melakukan spot walking atau jogging di rumah sendiri. Mereka yang merasa harus keluar bisa melakukan jalan cepat, jogging dengan menjaga jarak pergaulan wajib. Lakukan latihan seperti push-up, pull-up, squat, crunch perut, lompatan di tempat, dll.

Baca Juga: Wulan Guritno Akui Sempat “Sakau”, Ini Efek Berhenti Konsumsi Gula

Habiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman melalui telepon atau video. Jika Anda stres, maka itu mempengaruhi kadar glukosa. Manjakan dan cintai diri sendiri yang akan membantu membangun kedamaian batin sehingga stres akan terhindar. Meditasi dan yoga akan menjauhkan Anda dari stres.

3. Kelola asupan karbohidrat

Makan pada waktu yang tepat penting untuk pengurangan dan pemeliharaan berat badan. Untuk menjaga kadar glukosa mengatur makanan dengan tidur dan olahraga itu penting agar terhindar dari diabetes saat WFH Tubuh kita memecah karbohidrat menjadi glukosa, dan kemudian insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpannya untuk energi. Ketika kita makan terlalu banyak karbohidrat atau jika kita memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal dan terjadi peningkatan kadar glukosa secara tiba-tiba.

Baca Juga: Cara Jaga Mood Kembali Bekerja Setelah Libur Lebaran

Untuk mengontrol kadar glukosa, kelola asupan karbohidrat dengan mengandalkannya dan perhatikan seberapa banyak Anda membutuhkannya. Rencanakan menu dan jenis makanan Anda dengan tepat untuk mengelolaan gula darah atau diabetes. Pantau kadar glukosa Anda secara teratur dan hubungi dokter keluarga Anda.

4. Tetap terhidrasi

Langkah berikutnya terhindar dari diabetes saat WFH adalah tetap terhidrasi. Minum cukup air untuk membantu menjaga kadar gula darah terkontrol dan risiko pengembangan gula tinggi menjadi rendah. Mencegah dehidrasi, membantu ginjal Anda mengeluarkan glukosa ekstra melalui urin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya