SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi Gojek. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO – Penipuan berujung penyadapan yang dialami artis Maia Estianty layak dijadikan pelajaran. Apalagi hal itu bermula dari pemesanan makanan lewat ojek online yang biasa dilakukan banyak orang.

Oknum driver ojek online (ojol) itu berhasil mengambil alih akun milik Maia Estianty dan menguras uang digitalnya (Gopay). Maia Estianty menceritakan, pelaku meminta maya mengetik kode **21*nomor tujuan# yang membuat saldo Gopay-nya terkuras.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Detik.com, Senin (30/12/2019), pengamat teknologi, Lucky Sebastian, menduga Maia Estianty agaknya tidak tahu kalau kode itu adalah kode man to machine interface (MMI). Kode itu berfungsi mengalihkan telepon yang harusnya masuk ke Maia Estianty ke onkum driver ojol tersebut.

Praktik itu disebut Lucky Sebastian dengan istilah call forwading. Akibatnya, oknum ojol itu bisa menggunakan nomor telepon Maia Estianty yang terdaftar di aplikasi Gojek. Guna masuk ke aplikasi, Gojek akan meminta empat angka one time password (OTP) kepada pengguna yang dikirim lewat SMS.

OTP berguna memastikan yang masuk ke aplikasi adalah si pemilik nomor tersebut. Namun, dengan praktik call forwading itu si oknum ojol dengan bebas masuk ke aplikasi Gojek milik Maia Estianty dan menguras saldo Gopay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya