SOLOPOS.COM - Ilustasi mengambil minum dari dispenser. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar maksimal hasilnya, ketahui bagaimana cara membersihkan dispenser baik galon air di atas maupun di bawah.  Rutin membersihkan peralatan rumah tangga biasa dilakukan sehari-hari untuk menghindari kotoran dan kuman yang membandel. Simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

Salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang harus dibersihkan secara berkala yaitu dispenser. Jika dispenser tidak pernah dibersihkan dan selalu dibiarkan dalam keadaan kotor, maka kemungkinan besar berbagai kotoran tersebut akan ikut masuk ke dalam air yang kita minum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini cara membersihkan dispenser galon air seperti dikutip dari miyako.co.id pada Sabtu (28/1/2023):

1. Cabut Stop Kontak Dispenser

Sebelum memulai membersihkan, pastikan dispenser  tidak terhubung dengan aliran listrik hal ini bertujuan agar menghindari terjadinya korsleting.

2. Lepaskan Galon Terlebih Dahulu

Cara berikutnya membersihkan dispenser baik galon atas maupun galon bawah harap dilepaskan terlebih dahulu agar memudahkan pada saat dibersihkan.

3. Bersihkan Bagian Dalam Dispenser

Bagian terpenting dispenser yang harus dibersihkan adalah bagian dalam, karena sumber munculnya jamur dan bakteri berasal dari endapan air yang lembab dan tidak dibersihkan secara berkala. Untuk membersihkannya bisa dengan campuran air dan soda kue yang diaduk rata kemudian diseka menggunakan spons bersih. Untuk hasil yang maksimal bisa dilakukan 2 pekan sekali secara berkala.

4. Membersihkan Keran & Katup Dispenser Galon

Selanjutnya apabila sudah membersihkan bagian dalam, lepas keran dan katup serta bagian penyangga gelas, lalu cuci menggunakan larutan pembersih dispenser tadi. Gunakan juga larutan pembersih dispenser yang terbuat dari perasan jeruk nipis karena bagian ini memang sebaiknya terhindar dari bahan kimia. Jangan lupa untuk melepas dan memasangkan kembali karet belakang yang berada di tepat belakang dispenser.

5. Bersihkan Bagian Luar Dispenser & Pastikan Semuanya Kering

Cara berikutnya membersihkan dispenser yaitu setelah bagian dalam dan bagian luar peralatan rumah tangga ini sudah dibersihkan maka selanjutnya dikeringkan dan pasang kembali bagian-bagian yang sebelumnya dilepaskan untuk dibersihkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya