Begini Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjebak Kebakaran di Dalam Gedung

Agar tidak menjadi korban, sebaiknya ketahui bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjebak kebakaran di gedung.
Begini Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjebak Kebakaran di Dalam Gedung
SOLOPOS.COM - Gedung Cyber 1 di Jakarta Selatan, terbakar pada Kamis (2/12/2021). (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak menjadi korban, sebaiknya ketahui cara menyelamatkan diri saat terjebak kebakaran di dalam gedung seperti terjadi pada Gedung Cyber 1 yang terletak di Kuningan, Jakarta Selatan. Akibat kebakaran ini, dua orang meninggal dunia dan satu lainnya tak sadarkan diri.

Kemungkinan kita terjebak kebakaran saat berada di dalam gedung bisa saja terjadi, sehingga kita harus tahu cara menyelamatkan diri. Ya, tak ada yang bisa memprediksi kapan si jago merah mengamuk, bisa saja saat Anda bekerja di gedung pencakar langit atau ketika berada di pusat perbelanjaan.

Mengetahui cara menyelamatkan diri saat terjebak kebakaran di dalam gedung sangat penting agar tidak menjadi korban. Namun langkah pertama tentu saja adalah mengetahui rute darurat.

Baca Juga: Perhatikan 5 Kriteria Ini Harus Ada pada Perawat Orang Lansia

Berikut ini cara menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran di dalam gedung dikutip dari pusatkrisis.kemkes.go.id pada Kamis (2/12/2021):

1. Mengetahui rute penyelamatan

Yang harus diperhatikan pertama kali ketika anda berada didalam sebuah gedung, baik kantor ,hotel atau mall adalah harus mengetahui rute darurat untuk penyelamatan diri ketika terjadi sesuatu. Hal tersebut agar anda bisa menyelamatkan diri ketika terjadi bencana gempa bumi ataupun kebakaran.

2. Hindari panik

Ketika terjadi musibah tentu kita akan merasa panik, justru kepanikan bisa menjadi berbahaya karena anda tidak bisa fokus untuk menyelamatkan diri. ada baiknya tetap tenang dan mencari jalan keluar ketika terjadi kebakaran. Anda bisa mengakses tangga darurat untuk keluar dari dalam gedung.

Baca Juga: BTS Dipastikan Tidak Dapat Hadiri MAMA 2021, Ini Penyebabnya

3. Gunakan akses menyelematkan diri

Pada dasarnya, konsep proteksi pasik adalah untuk menghambat waktu rambat api. Terutama pada lorong dalam sebuah gedung agar para penghuni gedung bisa mencapai tangga darurat. Biasanya dalam gedung publik keamanan lorong tersebut sudah terjamin. Sehingga bisa dilakukan penyelamatan diri ketika terjadi sesuatu seperti kebakaran.

4. Gunakan tangga darurat

Dalam sebuah gedung biasanya tangga darurat dibuat dengan kontruksi aman. Sebab bagian ini sudah didesain khusus untuk menjadi jalan keluar yang diandalkan dalam keadaan darurat. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan akses ini dan menghindari elevator, serta ruang-ruang tertutup lainnya.

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago