Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Begini Cara Mengatasi Mata Pelajaran yang Dibenci

Ketahui cara mengatasi pelajaran yang dibenci supaya kalian tetap semangat belajar.
SHARE
Begini Cara Mengatasi Mata Pelajaran yang Dibenci
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar bosan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Ketahui cara mengatasi mata pelajaran yang dibenci supaya kalian tetap semangat belajar di sekolah. Hal itu terjadi entah itu karena kalian sulit memahami materinya atau bahkan karena faktor guru yang kurang disukai karena galak. Agar tidak bosan dan malas, simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Jika kalian benci terhadap pelajaran tertentu bisa membuat kalian malas bersekolah, sulit belajar, sulit memahami materi, bahkan akan sulit mengerjakan ujian pada mata pelajaran itu. Ketika pelajaran yang kalian benci dimualipun mungkin akan membuat kalian cepat merasa bosan pada mata pelajaran itu. Tapi jangan sampai kalian terus membenci pelajaran itu karena semua ilmu akan berguna untuk masa depan kalian ataupun orang lain.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Mulai dari sekarang cobalah untuk mengatasi pelajaran yang kalian benci dengan cara seperti dikutip dari lp3i.ac.id pada Selasa (4/10/2022) berikut ini:

1. Mencoba Variasi Metode Belajar

Cobalah untuk membuat variasi metode belajar. Jika kalian setiap hari belajar hanya dengan catatan dari apa yang disampaikan oleh guru saja, cobalah untuk belajar dengan metode lain. Kalian bisa memvariasi metode belajar dengan metode mind mapping, video pembelajaran, metode belajar diskusi, atau metode lainnya.

Baca Juga: Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

Dengan mencoba variasi metode belajar yang beragam akan membuat belajar tidak membosan, tidak monoton, dan bahkan mungkin kalian bisa menemukan metode apa saja yang cocok untuk belajar kalian.

2. Berusaha untuk Menyukai Guru Mata Pelajaran Tersebut

Cara yang kedua adalah berusaha untuk menyukai guru yang mengajar mata pelajaran yang kalian benci tadi. Ini merupakan langkah kecil untuk mengatasi pelajaran yang kalian benci. Apabila cara ini masih sulit untuk dilakukan, kalian bisa mulai dengan cara menghilangkan prasangka-prasangka buruk terhadap guru tersebut, lalu ambilah sisi positif saat guru tersebut sedang mengajar.

Baca Juga: Cara Cepat Menguasai Materi Presentasi bagi Siswa

3. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Terhadap Pelajaran yang Dibenci

Cara yang ketiga adalah dengan meningkatkan rasa ingin tahu kalian akan mata pelajaran yang kalian benci tadi. Kalian harus menumbuhkan rasa penasaran terhadap suatu hal dan keinginan untuk mencoba hal baru. Meski awalnya sulit, tapi dengan menanamkan rasa ingin tahu akan membuat kalian bisa mengatasi pelajaran yang kalian benci tadi. Tidak usah terburu-buru tapi teruslah mencoba secara perlahan agar rasa ingin tahu itu terus tumbuh.

4. Nikmati Proses dalam Setiap Pembelajaran

Cara berikutnya mengatasi pelajaran yang dibenci adalah dengan menikmati proses dalam setiap pembelajaran. Mungkin kalian sedang tertekan dengan situasi yang membuat tidak nyaman dalam belajar, tapi kalian harus ingat untuk tidak menyerah dalam belajar. Perlahan tapi pasti nikmatilah proses belajar kalian dan jangan terlalu fokus dengan hasil akhir.

Baca Juga: Begini Cara Tampil Percaya Diri saat Presentasi di Kelas

5. Mencari Guru Privat atau Tutor

Cara yang terakhir adalah dengan mencari guru privat atau tutor untuk membantu kaluan belajar. Mungkin kalian bosan dengan cara penyampaian pembelajaran dari guru di sekolah yang membuat kalian menjadi malas belajar. Banyak guru privat atau tutor yang memiliki cara untuk belajar materi tertentu dan cara mereka mungkin berbeda dengan guru di sekolah. Hal ini akan membuat kalian bisa mengatasi pelajaran yang benci.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode