SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengajari anak berwirausaha. (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Tak ada salahnya orang tua mengajari anak untuk berwirausaha agar kelak saat mereka dewasa mereka bisa menjadi pengusaha. Apalagi Indonesia saat ini jumlah pengusaha di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga.

Di era 1980-an, masih sangat jarang orang tua mengajari anak-anak berwirausaha, orang tua lebih mengarahkan sang buah hati menjadi pegawai. Karena profesi ini dinilai lebih aman. Namun paradigma berpikir ini sepertinya sekarang harus dihapus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekarang eranya adalah mengajari anak-anak berwirausaha. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki rasio kewirausahaan Indonesia baru sekitar 3,47 persen. Dan ini cukup rendah bila dibandingkan dengan sesama negara ASEAN seperti Singapura yang mencapai 8,76 persen, Thailand 4,26 persen serta Malaysia 4,74 persen.

Baca Juga: Muncul Wacana Pemberian Suntikan Vaksin Covid-19 Setahun Sekali

"Beberapa ahli menyebutkan bahwa suatu negara disebutkan maju apabila rasio wirausahawan berkisar 10-14 persen," ucap MenkopUKM seperti mengutip laman Liputan6.com, Kamis (22/10/2020).

Lalu bagaimana mengajari anak-anak berwirausaha? Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan biasanya sudah mulai ingin tahu akan berbagai hal. Kesempatan ini dapat Anda gunakan untuk mengajarinya berwirausaha sejak dini. Bukan berorientasi mencari uang, melainkan untuk melatih kemandirian dengan mengandalkan kreativitasnya serta lebih bertanggung jawab dan berani mengejar kesempatan.

“Kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai ajang dan kegiatan kewirausahaan, menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak kala ia dewasa,” jelas dokter anak di Rumah Sakit JIH Yogyakarta, Vicka Farah Diba, melalui laman Instagramnya @vickafarahdiba, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vicka membagikan tips mengajari anak berwirausaha sejak dini sebagai berikut seperti mengutip laman Bisnis.com, Jumat (25/6/2021):

1. Izinkan anak memiliki ide bisnis sendiri

Cara pertama mengajari anak berwirausaha adalah izinkan anak memiliki ide bisnis sendiri. Usia anak-anak adalah usia dimana imajinasi dan kreativitas mereka berkembang dengan sangat baik. Saat anak Anda menyampaikan ide yang sesuai dengan minatnya dan ingin mereka kelola, berikan mereka kebebasan untuk mengembangkannya.

2. Bermain jual-beli

Anak usia TK hingga SD bisa diajak untuk bermain jual-beli. Anda dan si kecil bisa saling bertukar peran sebagai penjual dan pembeli di pasar. “Permainan ini bisa mengajarinya tentang cara menawarkan barang serta menghitung uang dan memberikan pemahaman sederhana tentang dunia usaha,” jelas Vicka.

Baca Juga: Tenda Darurat Penuh, Pasien Indikasi Covid-19 Gelar Tikar di RSUD Bekasi

3. Mencatat uang masuk dan keluar

Mendidik anak tentang bisnis melalui pembukuan bisa melatih anak untuk mengatur keuangan. Ini juga sebagai cara untuk mengawasi penggunaan uang yang Anda berikan kepada si kecil. Anda bias memintanya mencatat setiap uang yang Anda berikan dan setiap uang yang dikeluarkannya untuk membeli barang di sebuah buku catatan khusus. Kemudian, minta anak untuk melaporkannya secara rutin.

4. Belajar menabung

Anak-anak cenderung menghabiskan uang untuk kesenangannya. Ia belum tahu pentingnya menabung untuk bekal masa depan. Untuk itu, coba berikan anak celengan. Kemudian, ajarkan anak untuk menyisihkan sebagian uang saku yang Anda berikan, agar uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan yang penting.

5. Beri dukungan dan motivasi

Tips terakhir mengajari anak berwirausaha adalah selalu beri dukungan untuk si kecil. Bisa jadi si kecil mengalami kesuksesan dan kegagalan. Pada saat-saat tersebut, mereka pasti membutuhkan Anda. Ketika kesempatan itu datang, jangan lupa untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada anak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya