Begini Cara Mencuci Beras yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

Tips memasak nasi kali ini membahas tentang bagaimana cara mencuci beras yang benar agar vitaminnya tidak hilang?
Begini Cara Mencuci Beras yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci beras. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Sebelum memasaknya menjadi nasi, terlebih dahulu kita harus mencuci beras hingga bersih. Namun jika terlalu lama bisa berakibat nutrisinya hilang.

Di satu sisi, jika kita tidak mencuci beras terlalu lama, kita sering dibayangi ketakutan jangan-jangan belum bersih. Sehingga pencucian dengan air mengalir pun dilakukan berulang-ulang.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara mencuci beras yang benar ya?

Ketika akan memasak beras ada beberapa hal yang harus diperhatikan  mulai dari cara mencuci berasnya agar vitaminnya tidak hilang hingga tekniknya. Nah berikut ini cara mencuci beras yang benar seperti dikutip dari rinnai.co.id, Senin (27/9/2021):

Baca Juga: Nama Jennie Blackpink Muncul di Akhir Kredit Squid Game, Kok Bisa?

Pembilasan Awal

Untuk mencuci beras yang harus disiapkan adalah beras dan wadah untuk mencuci beras. Masukkan beras kedalam wadah dan tambahan air bersih hingga semua beras terendam oleh air.

Untuk mencucinya pakailah pola gerakan memutar sebanyak 2 kali hingga 3 kali, kemudian buang air sisa mencucinya. Untuk step yang ini bisa dilakukan 2 kali sampai 3 kali. Lakukan dengan cepat agar beras tidak terlalu banyak menyerap air.

Teknik Mencuci

Untuk cara yang digunakan Sahabat bisa menggunakan tangan sendiri, tetapi pastikan sudah cuci tangan dan tangan dalam keadaan bersih.

Disarankan sebelum memasukan air, Sahabat membersihkan beras kering terlebih dahulu untuk mengangkat kotoran kering yang di dalam beras. Kotoran itu bisa berupa beras yang belum mengelupas secara utuh maupun kerikil-kerikil kecil yang tidak sengaja terbawa.

Baca Juga: Bukti Persahabatan Jennie Blackpink dan Jung Ho Yeon Bintang Squid Game

Setelahnya cuci dengan menggunakan air bersih dengan teknik yang dijelaskan di awal tadi. Bersihkan 2 kali hingga 3 kali sampai tampak airnya bersih dan tidak keruh lagi.

Bilasan Akhir

Masukkan lagi air kedalam wadah beras dan aduk lagi sebanyak 2 – 3 kali dan kemudian buang airnya. Hal ini untuk memastikan bahwa beras sudah bersih dan tidak ada sisa – sisa kotoran yang tertinggal.  Dengan cara dan teknik yang benar, beras akan bersih dicuci dan tidak mengurangi vitamin yang di beras itu.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago