Begini Cara Mencegah Terkena Penyakit Genetik
Solopos.com|lifestyle

Begini Cara Mencegah Terkena Penyakit Genetik

Penyakit genetik juga bisa meloncati satu atau lebih generasi, yakni tak langsung dari orang tua.

Solopos.com, SOLO--Mencegah penyakit genetik  tentu penting daripada mengobatinya. Penyakit keturunan juga bisa meloncati satu atau lebih generasi, yakni tak langsung dari orang tua, tetapi bisa dari kakek, nenek, atau bahkan buyut.

Sebelum mencegah, Anda perlu tahu bagaimana penyakit genetik bisa dialami seseorang. Faktor keturunan ditentukan oleh gen seseorang yang diturunkan oleh gen ayah dan ibunya. Gen yang paling dominan akan menentukan kondisi psikologis dan juga fisik seseorang.

Lalu bagaimana cara mencegah terkena penyakit genetik? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.  Penyakit keturunan atau genetik umumnya sulit dihindari. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit genetik tersebut terjadi.

Baca Juga: Anemia Tingkatkan Risiko Demam Berdarah, Benarkah?

Berikut lima hal yang bisa Anda lakukan seperti mengutip laman klikdokter.com, Kamis (3/6/2021):

1. Olahraga teratur

“Cara pertama untuk mencegah penyakit keturunan adalah dengan melakukan olahraga teratur,” papar Iqbal.

Dikutip dari Aurora Health Care, gen di dalam tubuh manusia dipengaruhi oleh proses yang disebut metilasi. Dalam proses tersebut, sekelompok atom akan menempel di luar bagian gen.

Kelompok atom dapat membuat gen tak dapat bekerja dengan baik untuk menerima dan merespon sinyal dari tubuh. Nah, dengan beraktivitas fisik, proses metilasi tersebut dapat diubah. Berolahraga juga dapat membantu gen di dalam tubuh bekerja baik. Jadi, mulai sekarang, biasakan untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga berat, Anda bisa bersepeda, berenang, berlari, atau berjalan kaki.

2. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Makan makanan bernutrisi merupakan salah satu upaya mencegah penyakit genetik. Dokter Iqbal menyarankan untuk membatasi makanan berlemak, mengandung tinggi gula, dan banyak minyak.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Sindrom Treacher Collins Seperti Diidap Keluarga di Asahan

Perbanyaklah konsumsi protein, serat, dan buah. Makanan yang bernutrisi baik dapat “mematikan” gen yang membuat seseorang berisiko mengalami masalah jantung.

Pertimbangkan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran mentah, sayuran berdaun putih, dan bawang merah. Sebab, beberapa makanan tersebut mengandung zat yang diyakini bisa membuat gen penekan tumor lebih aktif melawan kanker.

3. Kelola stres

Hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah penyakit genetik adalah mengelola stres. Menghindari stres dapat dilakukan berbagai cara.

Dokter Iqbal pun memberikan beberapa saran, “Penyakit keturunan bisa dicegah dengan mengurangi beban kerja yang berlebihan dan istirahat yang cukup setiap harinya.”

Selain itu, melakukan meditasi juga bisa menjadi cara untuk mengelola stres. Anda bisa melakukan beberapa teknik pernapasan di pagi hari setelah bangun atau malam hari sebelum tidur.

4. Hindari merokok dan bahan kimia

Langkah mencegah penyakit genetik berikutnya adalah hindari merokok dan paparan bahan kimia lainnya. Banyak bahan kimia yang merupakan karsinogen (penyebab kanker) dan dapat memengaruhi kondisi genetik di dalam tubuh.

Misalnya, ketika Anda merokok, kandungan zat di dalam tembakau dapat menyebabkan gen antikanker bermutasi sehingga tidak berfungsi efektif.

5. Cek kesehatan secara berkala

Cara mencegah timbulnya penyakit genetik adalah memeriksakan kesehatan secara berkala. Dokter Iqbal menyarankan, “Cek kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali atau bahkan setahun sekali.” Sebab, tingkat kesembuhan penyakit genetik yang dideteksi sejak awal dapat lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit yang diketahui setelah stadium lanjut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago