SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuang limbah masker di tempat sampah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kementerian Kesehatan mengategorikan limbah atau sampah masker sekali pakai sebagai limbah domestik. Masa pandemi Covid-19 menuntut masyarakat selalu beraktivitas menggunakan masker sekali pakai untuk mencegah penularan yang efektif.

Agar tidak menjadi media persebaran baru virus corona, maka ada cara mengolah limbah masker sekali pakai khusus. Meski pun termasuk limbah domestik, namun tetap harus diperlakukan dengan hati-hati.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditetapkannya limbah atau sampah masker sekali pakai sebagai limbah domestik, maka pengolahannya sama dengan limbah domestik lainnya. Aturan cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Baca Juga: Keluarga Tubagus Joddy Temui Keluarga Bibi untuk Minta Maaf

Mengenai cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai yang direkomendasikan oleh Kemenkes ada lima. Mulai dari mengumpulkan masker bekas, melakukan disinfektasi, mengubah bentuknya, membuangnya ke tempat sampah domestik, dan ditutup dengan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

Selain itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung, Jawa Barat sudah menciptakan teknologi daur ulang limbah masker sekali pakai. Maka cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai dengan mengirimkannya ke pihak LIPI juga direkomendasikan.

Mengutip Liputan6.com begini cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai, Senin (15/11/2021):

1. Mengumpulkan Masker Sekali Pakai

Mulailah memahami cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai dengan benar, agar risiko pemanfaatan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab tidak terjadi.

Kumpulkan masker sekali pakai di wadah khusus dan tidak dicampur dengan sampah lainnya. Selain itu, cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai ini bisa dijadikan salah satu upaya memanfaatkan kembali limbah masker sekali pakai tersebut. Apalagi limbah atau sampah masker sekali pakai dikenal sulit terurai secara alami di lingkungan, ini akan berdampak buruk bagi makhluk hidup lainnya.

Baca Juga: Disney Umumkan Serial Terbaru dari Marvel, Siap Tayang di Disney Plus

2. Melakukan Desinfektasi

Cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai dengan desinfektasi. Proses ini dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran virus atau bakteri dari limbah atau sampah masker sekali pakai kepada petugas kebersihan yang menganggkut sampah.

Perhatikan, desinfektasi dilakukan dengan merendam masker yang telah digunakan pada larutan desinfektan atau klorin atau pemutih. Apabila tidak memiliki desinfektan tersebut, bisa menggantinya dengan air sabun. Inilah cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai yang benar.

3. Berupaya Merubah Bentuk Masker Sekali Pakai

Selain menggumpulkan, cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai yang benar adalah berupaya merubah bentuknya. Ini merupakan trik agar masker sekali pakai tidak dimanfaatkan kembali oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Baca Juga:  Meski Berlemak, Makanan Ini Baik untuk Tubuh

Rubah bentuk masker sekali pakai dengan merusak talinya dan merobek bagian tengahnya agar tidak dapat digunakan ulang. Pastikan setelah merubah bentuk, kumpulkan masker di wadah atau plastik yang aman.

4. Membuangnya ke Tempat Sampah Domestik

Jangan membuang limbah masker sekali pakai di tempat sampah sembarangan. Cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai yang benar adalah membuangnya ke tempat sampah domestik, dengan bungkus yang sudah rapat.

Apabila dibuang sembarangan, dikhawatirkan limbah atau sampah masker sekali pakai akan tercampur dengan sampah lainnya. Ketika terkena hujan maka berisiko menghasilkan lindi (air sampah) yang membahayakan lingkungan.

5. Mengirimkannya kepada LIPI

Cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai bisa dengan mengirimkannya kepada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung, Jawa Barat. Prosedur mengirim limbah masker sekali pakai ini, pertama mengisi form tautan di bit.ly/35UXXFQ.

Baca Juga: Arti Mimpi Teman Meninggal, Pertanda Buruk?

Ketentuan khusus cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai ini, hanya peserta yang sudah mendapat nomor registrasi yang bisa mengirimkan. Nomor registrasi akan diberikan setelah form diterima pihak LIPI atau terkirim.

6. Mencuci Tangan dengan Benar

Terakhir, cara mengolah limbah atau sampah masker sekali pakai adalah mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan dengan sabun merupakan langkah efektif menyingkirkan virus atau bakteri yang menempel di tangan usai mengumpulkan sampah masker sekali pakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya