SOLOPOS.COM - Ilustrasi diabetes (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jika anak mengidap diabetes seperti aktor cilik Matthew White, maka orang tua harus tahu cara menanganinya supaya gula darah tetap terkontrol. Sebagaimana diketahui aktor cilik pemain film Danur ini meninggal dunia pada Minggu (23/1/2022) lantaran penyakit tersebut.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menangani diabetes pada anak, sebaiknya ketahui terlebih dulu tipe-tipenya berikut ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah jenis yang paling sering terjadi pada anak. Kondisi ini terjadi akibat gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh anak menyerang pankreasnya sendiri sehingga fungsi pankreas terganggu. Ini menyebabkan pankreas tidak dapat menghasilkan atau hanya memproduksi sedikit insulin, yaitu hormon yang berperan mengubah glukosa menjadi energi.

Baca Juga: Mengenal Diabetes pada Anak Seperti Dialami Aktor Matthew White

Tanpa insulin yang cukup, gula dapat menumpuk di aliran darah anak, serta menyebabkan berbagai masalah pada tubuh. Berikut beberapa faktor risiko diabetes tipe 1 pada anak.

– Genetik.
– Memiliki orangtua atau saudara dengan jenis diabetes ini.
– Anak mengalami penyakit infeksi virus.

2. Diabetes tipe 2

Jenis ini sebenarnya jarang terjadi pada anak. Namun, American Academy of Pediatric menyebut, jumlah anak yang mengalami kondisi ini meningkat seiring dengan meningkatnya kasus obesitas pada anak.  Berbeda dengan tipe 1, diabetes tipe 2 umumnya terjadi karena resistensi insulin, yaitu ketika tubuh kesulitan menggunakan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi, meski kadar insulin dalam tubuh normal.

Baca Juga: Mengenal Diabetes pada Anak Seperti Dialami Aktor Matthew White

Adapun penyebab jenis diabetes ini tidak begitu diketahui. Meski begitu, beberapa faktor berikut diyakini dapat meningkatkan risikonya.

– Riwayat keluarga dengan kondisi diabetes tipe 2.
– Kelebihan berat badan atau obesitas.
– Anak yang lahir prematur.
– Lahir dari ibu dengan diabetes gestasional saat hamil.
– Gaya hidup yang kurang baik, seperti sering mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi serta jarang bergerak.

Pada anak, jenis penyakit ini bisa terjadi saat ia berusia 10 tahun atau ketika usia remaja. Anda harus memerhatikan asupan makanan anak penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darahnya.

Baca Juga: Awas! Anak Bertubuh Kurus Belum Tentu Bebas Diabetes

Agar memudahkan, berikut beberapa cara untuk merawat anak dengan diabetes yang bisa Anda praktikkan seperti dikutip dari hellosehat.com pada Senin (24/1/2022):

1. Rutin cek gula darah

Cara pertama menangani diabetes pada anak adalah rutin cek gula darah. Cek gula darah secara rutin adalah cara utama untuk memastikan kadar gula darah anak Anda tetap terkontrol.  Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki alat tes kadar gula darah di rumah untuk mempermudah pemeriksaan.

2. Pantau penggunaan insulin

Penderita diabetes tipe 1 memerlukan pengganti insulin setiap harinya. Oleh karena itu, Anda harus tahu dosis, jenis, dan cara memberikan insulin pada si kecil. Tanyakan pada dokter mengenai ketentuan penggunaan insulin untuk anak Anda.

Baca Juga: 10% Lebih Penduduk Solo Mengidap Diabetes Melitus

3. Perhatikan asupan makanan si kecil

Sama seperti anak-anak sehat lainnya, makanan untuk anak diabetes juga harus beragam dengan nutrisi anak yang seimbang. Namun Anda harus mengatur porsi makan anak serta mengurangi asupan berkalori tinggi untuk menjaga kadar gula darahnya.

4. Ajak anak berolahraga secara teratur

Ajak anak untuk melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur dan jadikan itu sebagai bagian dari rutinitas harian. Namun, ingat bahwa aktivitas fisik juga dapat menurunkan gula darah.

Jadi, bila anak Anda memulai aktivitas baru, periksa gula darah anak lebih sering dari biasanya sampai Anda belajar bagaimana tubuhnya bereaksi terhadap aktivitas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya