SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet sehat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebelum Anda memulai program menambah berat badan, sebaiknya periksa terlebih dahulu status gizi dengan menghitung indeks massa tubuh. Simak ulasannya di tips diet sehat kali ini.

Kenapa harus tahu status gizi? Tujuannya supaya mengetahui diet yang tepat dan Anda terhindar dari obesitas. Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa berat badan Anda memang kurang, cobalah perbaiki pola makan atau berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk menambah berat badan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada beberapa penyebab berat badan rendah. Dikutip dari alodokter.com pada Jumat (16/9/2022), ada banyak kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan berat badan seseorang terlalu rendah, di antaranya:

Baca Juga: Yoga Alien Sedang Ngetren, Begini Cara Melakukannya

– Penyakit tertentu, seperti hipertiroidisme dan diabetes
– Malabsorbsi makanan, misalnya penyakit Celiac
– Gangguan pencernaan, seperti penyakit Crohn atau kolitis ulseratif
– Penyakit kanker, khususnya yang sudah memasuki stadium lanjut
– Gangguan makan, seperti anoreksia nervosa
– Gangguan psikologis, seperti stres dan depresi
– Malnutrisi atau kurang gizi
– Infeksi, misalnya HIV dan tuberkulosis

Cara menambah berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan. Bila kondisi tersebut bisa diatasi, berat badan pun akan bertambah.

Selain itu, ada beberapa tips menambah berat badan secara sehat dan aman yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi

Untuk menambah berat badan, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi. Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

Baca Juga: Penelitian Buktikan Pria Tidak Selalu Tertarik Wanita Berbokong Besar

Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan.

2. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Seseorang yang kekurangan berat badan sering merasa cepat kenyang. Daripada makan 2–3 kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering.

3. Konsumsi minuman padat kalori dan nutrisi

Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.

4. Pilih camilan sehat

Cara berikutnya untuk menambah berat badan secara sehat adalah pilih camilan sehat. Camilan bisa menjadi sumber kalori tambahan yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.

Hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan tidak sehat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

5. Tambah asupan kalori

Untuk menambah berat badan, Anda perlu tambahan asupan kalori dalam menu makan sehari-hari. Pilihlah sumber kalori tambahan yang sehat, misalnya dengan taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu pada sup.

Baca Juga: Mumpung HKGN, Intip Bahaya Malas Merawat Gigi dan Mulut

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam, dan kolesterol, yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

6. Minum sesudah makan

Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang. Dengan demikian, nafsu makan akan berkurang dan porsi makan Anda pun menjadi lebih sedikit.

Baca Juga: Kompres Air Panas atau Dingin saat Anak Demam Bikin Orang Tua Bingung

7. Rutin berolahraga

Olahraga secara rutin tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menambah berat badan. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak.

Jika diikuti dengan pola makan sehat, rutin berolahraga bisa membantu Anda mencapai berat badan yang lebih ideal. Selain itu, olahraga juga bisa menambah nafsu makan, sehingga asupan nutrisi dan kalori bisa meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya