Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Begini Cara Membuat Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Dewa 19

Begini cara membuat bawang hitam sendiri di rumah hanya dengan menggunakan rice cooker.
SHARE
Begini Cara Membuat Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Dewa 19
SOLOPOS.COM - Bawang hitam. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Cara mendapatkan bawang hitam seperti dikonsumsi Dewa 19 sangatlah mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui dalam jumpa pers, pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani, menyebutkan salah satu tips jaga stamina saat melakoni tur 30 kota adalah makan bawang hitam. Menurutnya, hal ini bisa mencegah kolesterol.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Sebenarnya manfaat bawang hitam sangatlah banyak, karena itu ketahui bagaimana cara membuat herbal ini.  Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih segar yang disimpan pada suhu 60–70 derajat Celsius selama 30–40 hari. Perubahan warna, tekstur, dan rasanya didapatkan dari proses fermentasi ini.

Baca Juga: Bakal Konser di Candi Prambanan, Dewa 19 Boyong 4 Vokalis

Manfaatnya paling banyak didapatkan dari berbagai senyawa bioaktif di dalamnya yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC).  Selain itu, juga mengandung berbagai nutrisi, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat bawang hitam, ketahui terlebih dulu segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh berikut ini seperti dikutip dari alodokter.com pada Minggu (3/7/2022):

1. Menjaga kesehatan jantung

Sama dengan bawang putih, bawang hitam juga memiliki manfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan hipertensi. Selain itu, bawang hitam diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga mengurangi risiko Anda menderita penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Apa Itu Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Personel Dewa 19?

2. Mencegah penyakit kanker

Berkat kumpulan senyawa bioaktifnya, bawang hitam juga diduga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Salah satu penelitian yang telah dilakukan adalah manfaat bawang hitam pada kanker kolorektal.

Aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif ini mampu melawan radikal bebas berlebih dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan berkembangnya sel kanker.

3. Menjaga fungsi otak

Selain menangkal radikal bebas, antioksidan dalam bawang hitam juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Khasiat ini diduga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, yakni kemampuan Anda dalam berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ungkap Keinginan Agar Dewa 19 Bisa Konser di Kebumen

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan juga mampu mencegah Anda mengalami berbagai penyakit akibat penurunan fungsi kognitif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam bawang hitam dapat menjaga sel-sel imunitas Anda dari kerusakan akibat radikal bebas berlebih. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh Anda akan mampu melawan berbagai miikroorganisme penyebab penyakit dengan lebih efektif.

5. Menjaga kadar gula darah

Kandungan senyawa polifenol, flavonoid, dan antosianin dalam bawang hitam bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sifat antioksidan dari senyawa-senyawa ini juga mampu mencegah berbagai komplikasi akibat penyakit diabetes.

Baca Juga: Dewa 19 Awali Perayaan 30 Tahun Berkarya di Surabaya

Anda bisa membuat bawang hitam sendiri di rumah hanya dengan menggunakan rice cooker, begini caranya:

– Siapkan rice cooker dan masukkan beberapa siung bawang putih ke dalamnya.
– Atur tombol rice cooker ke setelan untuk menghangatkan (bukan untuk memasak).
– Diamkan selama 2 minggu dengan suhu hangat yang terus menyala.
– Setelah 2 minggu, keluarkan bawang yang sudah menghitam dari rice cooker.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode