SOLOPOS.COM - Kepala Badan Kesbangpol Sleman Heri Sutopo saat sosialisasi Reksa Desa di Puri Mataram, Rabu (22/12/2021). (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Solopos.com, SLEMAN — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman menggalakkan Gerakan Desa Deteksi Cegah Dini menuju Desa Aman. Gerakan yang disebut Reksa Desa ini merupakan gerakan terkoordinasi yang melibatkan Pemerintah Kalurahan (Desa) dan warga dalam mendeteksi dan mencegah konflik sosial.

Kepala Badan Kesbangpol Sleman Heri Sutopo mengatakan gerakan ini bertujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang aman, damai, sentosa tanpa konflik. Reksa Desa ini, kata Heri untuk mendukung pencegahan konflik sosial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk mencegah terjadinya konflik perlu adanya peningkatan efektivitas, keterpaduan dan sinergi melalui koordinasi yang terpadu dengan keterlibatan masyarakat Pemdes (kalurahan),” katanya, Kamis (23/12).

Baca juga: Penyederhanaan Birokrasi Kulonprogo, 94 Pejabat Baru Dilantik Bupati

Kepala Badan Kesbangpol menjelaskan, Reksa Desa dibentuk berdasarkan pada Perbup Sleman No.36/2019 tentang Reksa Desa. Pendeteksian dan pencegahan dini dilakukan secara langsung maupun tidak langsung dari tingkat desa.

Hal ini untuk mendeteksi dan mencegah segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang mempengaruhi penyelenggaraan pemerintahan pembangunan.

Baca juga: Lapas Sleman Geledah dan Tes Urine Warga Binaan, Ini yang Ditemukan

Kegiatan Sosialisasi Reksa Desa ini dilaksanakan sebagai salah satu metode bagi pemerintah daerah untuk mendorong dan memotivasi Kalurahan untuk membentuk Reksa Desa sesuai dengan Peraturan Bupati No.36/2019 dalam cipta kondisi di wilayah.

“Tahun ini kami berikan sosialisasi Reksa Desa ini untuk 33 kalurahan dari 17 kapanewon,” kata Kepala Badan Kesbangpol Sleman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya