Begini Cara Gampang Mengubah Wajan Biasa Jadi Antilengket

Ada cara mudah untuk mengubah wajan biasa jadi wajan antilengket.
SHARE
Begini Cara Gampang Mengubah Wajan Biasa Jadi Antilengket
SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai wajan antilengket. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jika tidak punya peralatan masak satu ini di rumah, ada cara mudah untuk mengubah wajan biasa menjadi wajan antilengket. Peralatan masak satu ini memang lebih banyak disukai namun sayang harganya relatif mahal.

Bukan tanpa alasan, wajan antilengket  ini memang punya banyak keunggulan ketimbang wajan biasa. Lantaran ada lapisan anti lengket, kamu tak perlu menggunakan banyak minyak untuk membuat masakan menjadi matang sempurna. Selain memudahkan proses memasak, membersihkan wajan anti lengket juga jauh lebih mudah. Kamu tak perlu menggosoknya dengan kasar dan keras seperti mencuci wajan biasa. Cukup dengan bantuan sabun cuci piring, kotoran yang menempel akan luntur dengan mudah.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Untungnya, banyak jalan untuk memiliki wajan antilengket yaitu dengan mengubah wajan biasa menjadi peralatan masak satu ini. Cara tersebut dinamakan wok seasoning. Teknik ini sudah dikenal ribuan tahun lalu dan menjadi salah satu budaya kuliner China. Seperti apa caranya? Simak ulasan selengkapnya di tips memasak kali ini.

Baca Juga: Harga Sembako Mahal Bikin Emak-Emak Soloraya Galau, Masak atau Beli?

Berikut ini cara mengubah wajan biasa menjadi wajan antilengkel seperti dikutip dari rumah123.com pada Minggu (23/1/2022):

1. Bersihkan wajan yang akan digunakan

Cara pertama mengubah wajan biasa menjadi wajan antilengket adalah bersihkan wajan yang akan digunakan. Pertama-tama, tentu kamu harus menyiapkan wajan untuk di-seasoning terlebih dahulu. Pastikan wajan tersebut berada dalam kondisi bersih. Jangan sampai ada sisa masakan yang menempel.

2. Panaskan wajan

Setelah bersih, letakkan wajan di atas kompor, dan nyalakan kompor dengan api maksimal. Panaskan wajan hingga benar-benar berada dalam kondisi panas kurang lebih selama 5 menit. Bolak-balik wajan hingga seluruh bagian terkena panas. Apabila sudah muncul warna kecoklatan pada wajan, artinya sudah cukup panas dan lapisan anti lengket sudah mulai terbentuk.

Baca Juga: Tak Laku Dijual, Sayuran Pedagang di Solo Terpaksa Dimasak Sendiri

3. Tuang air ke wajan yang panas

Tuangkan segelas air ke wajan yang masih panas, namun dengan api yang telah mati. Pastikan tak ada air yang menempel. Apabila masih ada, artinya lapisan anti lengket belum terbentuk. Tambahkan lagi air, dan sebarkan ke seluruh bagian permukaan wajan menggunakan sodet dengan api yang menyala. Buang air, dan ulangi tahapan kedua.

4. Tuang minyak goreng

Dengan kompor yang masih menyala, tuangkan sedikit minyak goreng di atas kompor, dan sebarkan minyak ke seluruh bagian wajan menggunakan sodet. Seharusnya lapisan anti lengket sudah terbentuk dan tak ada minyak yang menempel di proses ini. Setelah itu, buang minyak.

Baca Juga:  Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

5. Keringkan minyak dengan tisu atau kain bersih

Setelah minyak dibuang, keringkan minyak hingga bersih, lalu ulangi seluruh proses di atas untuk memastikan lapisan anti lengket sudah benar-benar terbentuk. Ulangi sebanyak dua hingga tiga kali sesuai kebutuhan.

6. Tes anti lengket pada wajan

Setelah mengulangi seluruh tahapan di atas, buktikan bahwa lapisan anti lengket sudah benar-benar ada. Masak telur mata sapi dengan menggunakan hanya satu sendok minyak. Jika telur sama sekali tak lengket, artinya lapisan anti lengket sudah terbentuk sepenuhnya. Wajan pun siap digunakan untuk memasak apa pun tanpa lengket!



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago