SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SURABAYA — Seluruh daerah di Jawa Timur akan menjalani uji coba full cycle dalam pembelian solar subsidi menggunakan QR Code. Warga diimbau segera mendaftar ke website di subsiditepat.mypertamina.id.

Penerapan full cycle program subsidi tepat ini akan dilakukan secara bertahap yaitu pada 26 Januari dan 30 Januari 2023. Sebelumnya subsidi tepat ini telah diuji coba di Kabupaten Kediri, Kota Madiun, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Mojokerto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perluasan uji coba program subsidi tepat pada 26 Januari 2023 akan diterapkan di 19 daerah di Jatim, yaitu di Kabupaten Banyuwangi, Bojonegoro, Jombang, Lamongan, Madiun, Malang, Pacitan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Tuban, Gresik, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep, Kota Batu, Kota Malang, dan Kota Surabaya.

Selanjutnya pada 30 Januari 2023, penerapan uji coba pembelian solar bersubsidi menggunakan QR Code diperluas lagi di Kabupaten Blitar, Nganjuk, Pasuruan, Probolinggo, Magetan, Ngawi, Trenggalek, Tulungagung, Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Ekspedisi Mudik 2024

Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani, mengatakan untuk mensukseskan program ini, Pertamina menyiagakan petugas di 1.300 booth pendaftaran yang bisa membantu masyarakat melengkapi data dan dokumen di website. Satu QR Code berlaku untuk satu kendaraan.

Dia menyampaikan bagi masyarakat yang telah mendapatkan QR Code atau sudah terdaftar di website Subsidi Tepat bisa membeli solar subsidi dengan volume sesuai dengan SK BPH Migas No. 04/P3JBT/BPHMigas/KOM/2020 yaitu 60 liter untuk kendaraan pribadi roda empat dan kendaraan roda empat barang serta umum sebanyak 80 liter. Sedangkan untuk angkutan barang dan umum roda enam atau lebih dibatasi maksimal 200 liter per hari per kendaraan.

“Bagi masyarakat yang belum memiliki QR Code atau belum terdaftar akan tetap dilayani pembelian solar subsidi. Namun dengan volume yang diatur yakni maksimal 20 liter per hari dan dilakukan pencatatan nomor polisi kendaraan di mesin EDC SPBU,” jelas dia di Surabaya, Rabu (18/1/2023).

Cara Daftar Subsidi Tepat

Pendaftaran melalyi website Subsidi Tepat dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Masuk ke website subsiditepat.mypertamina.id
  2. Mengisi dan melengkapi seluruh persyaratan dan dokumen yang diperlukan, lalu mengunggah seluruh dokumen tersebut ke website
  3. Setelah semua persyaratan dan dokumen terpenuhi, maka masyarakat tinggal menunggu verfikasi data maksimal tujuh hari kerja. Masyarakat bisa mengecek status verifikasi secara berkala di website
  4. Jika data sudah cocok, masyarakat akan mendapat QR Code untuk kendaraannya
  5. Jika ditolak, maka akan ada pesan mengenai persyaratan atau dokumen apa yang belum sesuai untuk kemudian dapat dibetulkan terlebih dahulu

Mekanisme menggunakan QR Code, Deden menjelaskan warga bisa menunjukkan QR Code kepada operator SPBU untuk discan sebelum melakukan transaksi pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) di SPBU. Jika sudah discan dan data dinyatakan cocok, operator SPBU akan melayani pengisian solar subsidi sesuai SK BPH Migas No. 04/2020.

“QR Code tidak wajib menggunakan handphone. Masyarakat bisa mengeprint dan membawa hardcopy ke SPBU untuk bisa mendapatkan solar subsidi,” jelas dia.

Deden menuturkan uji coba ini merupakan bagian dari menguji kesiapan dan keandalan sistem digitalisasi dalam mendukung penyaluran solar subsidi lebih tepat sasaran. Keandalan yang diuji adalah infrastruktur digital di SPBU, antara lain EDC WR Code, keandalan sinyal, dan kesiapan perangkat lainnya.

”Di masa uji coba ini seluruh masyarakat tetap dilayani, baik yang sudah memiliki QR Code maupun yang belum,” tegas Deden.

Pertamina juga memastikan kesiapan seluruh pengawas dan operator SPBU terlatih dan memahami mekanisme program subsidi tepat, sehingga layanan tetap cepat dan mudah.

Untuk mendukung kelancaran penerapan implementasi secara menyeluruh program Subsidi Tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) solar subsidi ini, Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat serta aparat Kepolisian terkait di wilayah Jawa Timur.

Program ini direspon baik oleh kedua belah pihak dan menyatakan dukungannya untuk kegiatan implementasi ini berjalan lancar agar subsidi dapat tepat sasaran dan membantu mengurangi kasus – kasus penyalahgunaan BBM subsidi. Untuk informasi seputar produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Call Center Pertamina di 135.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya