SOLOPOS.COM - Ilustrasi mendengarkan Spotify. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Platform streaming musik Spotify meluncurkan Spotify Wrapped 2022, lalu bagaimana cara buatnya ya? Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Sebagaimana diketahui layanan ini sudah bisa diakses mulai 1 Desember 2022.  Spotify Wrapped adalah rangkuman atau kilas balik pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi Spotify di sepanjang tahun dan dapat mengunggahnya ke medsos (media sosial).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Spotify sendiri rutin memberikan layanan kilas balik tersebut ke para pengguna di setiap tahunnya.  Pada 2022 ini, Spotify Wrapped menunjukkan kebiasaan unik dari 456 juta pengguna Spotify dalam mendengarkan audio.

Baca Juga: Tulus Duduki Posisi Teratas Spotify di Indonesia

Sebelum mengetahui cara buat Spotify Wrapped 2022, pengguna sebaiknya memperbarui aplikasi ke versi terbaru (8.7.87 di iOS dan 8.7.86 di Android).  Setelah aplikasi diperbarui, begini langkah-langkahnya seperti dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (1/12/2022) :

– Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped.
– Pilih banner Your 2022 Wrapped pada beranda aplikasi.
– Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, dan Wrapped 2022 akan muncul di paling atas.
– Setelah masuk, pengguna akan menemukan konten story Wrapped mereka yang berisi informasi tentang pengalaman mendengarkan mereka yang unik, seperti artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan jumlah menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio sepanjang 2022.
– Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut mereka melalui platform media sosial.

Baca Juga: Rp8,1 Triliun per Bulan dari “Servis Telinga”, Spotify Juaranya

Setelah mengetahui cara buat Spotify Wrapped 2022, ketahui juga bahwa ada sejumlah fitur dan update terbaru di Wrapped 2022 antara lain :

1. Your Listening Personality

Ini adalah cara baru yang menarik dan menyenangkan bagi penggemar Spotify untuk mengetahui kepribadian mereka berdasarkan selera musik. Pendengar dapat mengetahui mereka termasuk ke dalam kepribadian yang mana dari 16 jenis Listening Personality yang dibuat oleh Spotify, berdasarkan tren mendengarkan mereka di sepanjang tahun 2022.

2. Audio Day

Ini sebuah fitur interaktif yang memberikan pendengar gambaran perkembangan selera musik mereka di sepanjang hari.

3. Spotify menghubungkan artis dan kreator lebih dalam lagi. Selain playlist yang dipersonalisasi dan dikurasi oleh tim Editorial Spotify, Wrapped hub di dalam platform akan menampilkan merchandise dari artis yang paling banyak mereka dengarkan serta informasi event berikutnya dari artis tersebut untuk memberikan pengalaman bagi pendengar seolah menyaksikan artis favorit mereka secara langsung.

4. Your Artist Messages

Setelah tahu cara buat Spotify Wrapped 2022, ketahui pula bahwa penyedia layanan ini mulai tahun ini memperluas Wrapped melalui pesan oleh lebih dari 40.000 musisi seperti Taylor Swift, Billie Eilish, J. Balvin, Maneskin dan masih banyak lagi.

Melalui Your Artist Messages, penggemar yang memenuhi syarat akan mendapatkan video berisi pesan terima kasih yang dipersonalisasi dari beberapa artis yang paling banyak mereka dengarkan di tahun 2022. Pada setiap video, akan diputarkan juga lagu yang paling sering didengarkan dari musisi tersebut di tahun ini.

Baca Juga: Spotify Hadirkan Konten Ngabuburit Selama Ramadan

5. Bagikan di luar Instagram!

Karena kini pengguna bisa membagikan hasil Wrapped juga di WhatsApp dan LINE, beserta GIF yang bertema Wrapped. Sekarang, pengguna bisa bertukar hasil Wrapped lewat obrolan di chat dengan teman dan orang tersayang. Pengguna Snapchat dapat menggunakan lensa yang dipersonalisasi yang mencerminkan Listening Personality-nya dan menikmati apparel khusus bertema Wrapped untuk Bitmojis.

6. Bawa Wrapped ke Metaverse!

Untuk merayakan Wrapped dan musisi yang menemani pengguna tahun ini, Spotify akan take over Spotify Island dengan misi permainan, virtual merchandise dan photo booth dengan 12 musisi berbeda termasuk Bizarrap, Black Sherif, CRO, Doechii, Eslabon Armado, Miranda Lambert, NIKI, Stray Kids, SUNMI dan Tove Lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya