[x] close
Begini Bidan di Banyumas Ajak Vaksinasi Warga Lansia
Solopos.com|jateng

Begini Bidan di Banyumas Ajak Vaksinasi Warga Lansia

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak bicara warga lansia peserta vaksinasi di Puskesmas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Solopos.com, BANYUMAS — Berbagai cara dilakukan tenaga kesehatan dalam merayu kaum lanjut usia untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Langkah mengajak warga lansia itu dilakukan bidan puskesmas di Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bidan bernama Ami itu merayu para warga lansia untuk melakukan vaksinasi dengan cara bertemu langsung. Ia bahkan tak segan mengikuti kegiatan yang dilakukan para lansia seperti dasawisma maupun PKK.

Cara yang dilakukan Ami ini pun terbilang berhasil. Terbukti, cukup banyak warga lansia yang mengikuti sarannya untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Sombong & Angkuh

Aksi Ami ini pun diketahui Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Kamis (10/6/2021). Awalnya, Ganjar yang datang ke puskemas itu melihat banyak lansia yang mengantre untuk mendapatkan vaksin.

Ketika diajak berbincang, para lansia itu mengaku menjalani vaksinasi karena diajak bidan Ami. “Diajak bu bidan pak. Namanya bu Ami,” ujar para lansia itu kepada Ganjar.

Ganjar kemudian mencari Bidan Ami dan mengajaknya ngobrol. Kepada Ganjar, Ami mengatakan memang aktif sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi pada masyarakat. “Saya biasanya ikut acara-acara dawis [dasawisma], PKK dan sebagainya. Saat acara-acara itu, saya sosialisasi pentingnya vaksinasi dan mengajak lansia yang ada untuk divaksin,” ujar Ami.

Tumbuhkan Kesadaran

Cara itu ternyata ampuh meningkatkan kesadaran warga lansia di Sokaraja untuk vaksin. Bahkan ada juga yang sudah sepuh dan tidak bisa ke puskesmas tetap dilayani, dengan cara ‘jemput bola’.

“Kalau ada yang tidak bisa datang, kami ‘jemput bola’. Kami kirim orang untuk menjemput. Bahkan seringkali kami gelar vaksinasi di desa-desa itu,” jelasnya.

Apa yang dilakukan bidan Ami itu membuat Ganjar semringah. Sebab cara Ami merupakan cara paling bagus untuk mempercepat vaksinasi khususnya bagi warga lansia.

Baca Juga: AHY Temui Ridwan Kamil, Ngobrol Apa?

“Ini contoh bagus dari nakes di Puskesmas Sokaraja. Mereka datang ke acara-acara dasawisma dan proaktif jemput bola. Lansia-lansia yang ada disuntik di tempat, ada juga yang datang ke Puskesmas. Ini cara yang bagus, karena kalau ini terus dilakukan, maka akan terjadi percepatan,” ucapnya.

Ganjar mengatakan memang tengah menggenjot vaksinasi di Jateng. Ia telah memerintahkan kepada seluruh kepala daerah di wilayahnya untuk menghabiskan stok vaksin yang ada.

“Enggak usah menunggu vaksin kedua, yang ada sekarang dihabiskan. Stok vaksin saya minta dihabiskan, karena sekarang lagi meningkat kasusnya. Kalau stok yang tersedia bisa disuntikan, khususnya ada lansia dan penderita komorbiditas, maka bisa melindungi lebih banyak,” perintah Ganjar.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago