SOLOPOS.COM - Sepeda motor isi bensin. (Otosia.com)

Solopos.com, SOLO — Sedang ramai dibicarakan mengenai bahan bakar minyak dari SPBU Vivo yakni Revvo 89 yang memiliki RON atau nilai oktan 89 atau di bawah Pertalite yang memiliki RON 90. Apa beda RON 89 dan 90 dari kedua BBM tersebut.

Research Octane Number atau RON atau orang sering menyebut nilai oktan pada BBM, seperti dikutip dari Gridoto.com, adalah ikatan kimia, tingkatan seberapa kuat bahan bakar menerima kompresi.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Menurut Workshop Departement Head PT Toyota Astra Motor, Sunter, Jakarta Utara, Iwan Abdurahman, dua bahan kimia (heptana dan iso-oktana) dijadikan standar dalam skala dengan heptana memiliki nilai 0 dan iso-oktana memiliki nilai 100.

Ketika bahan bakar diuji dalam sebuah mesin, kinerjanya dibandingkan dengan campuran heptana dan iso-oktana untuk melihat perpaduan paling sesuai.

Misalnya jika campuran meliputi 20% heptana dan 80% iso-oktana, maka bahan bakar tersebut memiliki angka oktan 80. Angka oktan dapat disesuaikan dengan menambahkan aditif untuk menaikkan nilainya.

Baca juga: Bikin Bangga, Pembalap AHRT Harumkan Indonesia di Thailand Talent Cup

Sehingga lanjut Iwan, semakin tinggi nilai oktan, semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar.

Saat ini PT Pertamina baru saja menaikkan atau menyesuaikan harga per liter dari dua bahan bakar minyak, yakni Petalite menjadi Rp10.000 dan Pertamax Rp14.500.

Adapun BBM Pertalite memiliki RON 90, dengan angka oktan tersebut direkomendasikan untuk kendaraan di bawah 125 CC atau rasio kompresi 9:1 hingga 10:1.

Sedangkan Revvo 89 yang dijual di SPBU Vivo memiliki RON 89. Sehingga beda RON 89 dan 90 adalah pada nilai oktan yakni beda 1 angka.

Baca juga: Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak, Tak Sekadar Knalpot Keluar Asap

Dikutip dari Bisnis.com, pada bahan bakar yang punya oktan tinggi, BBM tidak lebih lambat terbakar sehingga sangat sedikit meninggalkan residu.

Residu bukan hanya menganggu udara, namun juga akan menempel pada mesin dan akan mengganggu kinerja mesin itu sendiri. Semakin besar nilai RON, maka semakin bagus juga kualitas BBM.

Bisa dikatakan jika Pertalite memang sedikit lebih unggul dari jumlah nilai oktan atau RON-nya daripada Revvo 89 yang menjadi produk unggulan SPBU Vivo.

Kendati demikian Beda RON 89 dan 90 pada bahan bakar Revvo 89 dan Pertalite masih bisa digunakan pada kendaraan di bawa 125 cc dengan rasio kompresi 9:1.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya