Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Beda Emas Batangan dan Emas Perhiasan untuk Investasi, Cek Yuk!

 Sama-sama bisa menjadi instrumen atau alat investasi, emas batangan dan emas perhiasan memiliki perbedaan yang perlu diketahui.
SHARE
Beda Emas Batangan dan Emas Perhiasan untuk Investasi, Cek Yuk!
SOLOPOS.COM - Ada beberapa perbedaan emas batangan dan emas perhiasaan untuk investasi. (Ilustrasi/Antara).

Solopos.com, SOLO  — Sama-sama bisa menjadi instrumen atau alat investasi, emas batangan dan emas perhiasan tetap memiliki perbedaan.

Emas menjadi salah satu instrumen favorit masyarakat untuk berinvestasi. Emas dipilih karena harganya yang cenderung stabil bahkan naik terus.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dalam berinvestasi emas, umumnya orang-orang akan berinvestasi dalam bentuk emas perhiasan ataupun emas batangan.

Kedua jenis emas ini tentunya memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Pemilihan jenis emas ini tentu akan sangat memengaruhi nilai investasi kamu di kemudian hari.

Maka dari itu, penting bagi Anda bisa memilih jenis emas mana yang paling tepat bagi investasi yang akan kamu lakukan agar berhasil dengan maksimal.

Lantas apa perbedaan emas batangan atau yang sudah menjadi emas perhiasan untuk berinvestasi? Berikut perbedaan emas batangan dan emas perhiasaan seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (13/8/2022):

Baca Juga: Kisah Penambang Emas Tradisional Wonogiri di Bukit Randu Kuning Jendi

Emas Batangan

Emas batangan cenderung lebih dipilih sebagai instrumen investasi jangka panjang atau save haven. Hal tersebut karena harga jual kembali terbilang tinggi dan juga stabil dibandingkan emas perhiasan.

Maka dari itu, hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan tersendiri juga bagi kamu untuk investasi yang akan kamu lakukan nanti.

Emas batangan dapat dibeli di Pegadaian, PT Antam dan toko emas. Apabila dijual kembali, harga emas batangan cenderung stabil atau malah naik. Kendati demikian, tidak seperti perhiasan yang bisa Anda pakai sehari-hari, emas batangan hanya bisa disimpan baik-baik dan hati-hati.

Emas batangan memiliki kadar emas murni yang lebih tinggi daripada emas perhiasan. Selain itu, tentunya emas batangan disertai sertifikat yang memuat ukuran, berat dan kadar emas.

Emas Perhiasan

Berbeda dengan emas batangan, selain untuk investasi, emas perhiasan memiliki fungsi sebagai penambah nilai penampilan dan aksesoris sehari-hari Anda.

Berbeda dengan emas batangan yang cuma dapat dibeli di tempat tertentu saja, emas perhiasan dapat Anda jumpai dan dibeli di semua toko emas di seluruh wilayah.

Selain itu, perbedaan selanjutnya apabila dijual kembali, emas perhiasan akan dikenai biaya potongan ongkos pembuatan perhiasan sebesar 10%-20% dari nilai emas itu sendiri.

Baca Juga: Kompak Anjlok Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Kamis 4 Agustus 2022

Dari sisi kandungan emasnya, kadar emas perhiasan beragam, mulai dari kadar 10 karat (41%) hingga 22 karat (90%). Angka tersebut cenderung lebih rendah jika dibandingkan emas batangan yang memiliki kadar emas murni yang tinggi.

Saat membeli emas perhiasan akan disertai surat emas yang memuat model emas, berat dan kadar emas. Dari perbedaan tersebut, jika Anda bertujuan ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang, maka pilihlah emas batangan.

Namun, jika tujuan berinvestasinya adalah untuk menabung sekaligus mempercantik diri, maka emas perhiasan dapat menjadi pilihan Anda.

Itulah ulasan mengenai perbedaan emas batangan dan emas perhiasan yang perlu diketahui.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode