SOLOPOS.COM - Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023 menawarkan dana pendidikan hingga peluang kerja. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023 menawarkan dana pendidikan kuliah, biaya hidup setiap semester, hingga peluang kerja di Sinar Mas Agribusiness and Food bagi 45 siswa lulusan SMA/MA/SMK/SPMA di seluruh Indonesia.

Beasiswa ini bertujuan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang cakap dalam industri kelapa sawit, baik di sektor perkebunan maupun pengolahan. Pendaftaran beasiswa telah resmi dibuka pada 1 Januari?31 Maret 2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Siswa yang terpilih akan melaksanakan perkuliahan jenjang D3 di Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB)—perguruan tinggi kerja sama antara ITB, Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan Sinar Mas.

Terdapat dua program pilihan dalam beasiswa ini, yakni Beasiswa SMART Agro bagi peminat perkebunan dan Beasiswa SMART Mills bagi peminat pabrik pengolahan.

Menurut General Recruitment Team Lead Sinar Mas Agribusiness and Food, Jimmi Setiawan, program beasiswa yang mengusung tema “Merajut Asa, Membangun Bangsa, Jelajah Indonesia” ini telah memberi kesempatan bagi ratusan siswa untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi.

Program tahunan ini juga merupakan salah satu cara untuk mewujudkan industri kelapa sawit Indonesia yang semakin baik.

“Sejak dimulai pada tahun 2011, Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food telah memberi kesempatan bagi 578 siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tanpa pungutan biaya,” kata Jimmi dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (12/1/2023).

“Para penerima beasiswa dapat mengasah kemampuan kepemimpinan, membangun karier, dan berkarya dengan kemampuan terbaik mereka dari segala yang telah dipelajari untuk industri kelapa sawit Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Jimmi mengatakan program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food juga menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan SDM industri kelapa sawit sesuai tantangan zaman yang kian dinamis.

“Para penerus industri ini harus memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif, peka terhadap perkembangan digitalisasi dan mekanisasi, serta mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial. Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food diharapkan mampu membantu para pelajar untuk mengembangkan potensi tersebut,” ucapnya.

Muhammad Setyo Adtomi, alumnus ITSB penerima Beasiswa SMART Mills tahun 2018, mengaku bersyukur dapat mengikuti program ini. Banyak hal yang telah ia pelajari selama masa perkuliahan.

“Saya memilih Beasiswa SMART Mills sesuai minat saya di bidang sains dan teknologi. Saya berkesempatan mempelajari cara mengolah tandan buah segar (TBS) sawit, mempelajari mesin dan kemajuan teknologi pengolahan sawit, serta mempelajari bagaimana industri sawit menjadi salah satu energi baru terbarukan (EBT) yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat dunia,” ujar Setyo.

Menurutnya pula, ilmu yang ia dapat bukan hanya berasal dari dalam kelas. Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food tak membatasi ruang geraknya untuk berkembang.

“Banyak pelajaran yang saya dapat, mulai dari ilmu pengetahuan mengenai industri kelapa sawit, hingga kemampuan berkomunikasi dari kegiatan berorganisasi. Program Beasiswa SMART tidak membatasi kegiatan saya untuk bergaul di kampus melalui organisasi dan kepanitiaan. Saya senang dapat bertemu dengan teman-teman baru yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia,” ungkap pria asal Sampit, Kalimantan Tengah.

Saat ini, Setyo membina kariernya bersama Sinar Mas Agribusiness and Food sebagai Mill Assistant di Rama-Rama Mill, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Suatu kebanggaan dapat berkontribusi untuk Sinar Mas Agribusiness and Food. Selama bekerja, saya dapat lebih banyak belajar dan mendapatkan pengalaman untuk terus berkembang,” tandasnya.

Beasiswa Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023 mengajak lebih banyak siswa untuk mewujudkan cita-cita. Beberapa persyaratan umum beasiswa ini antara lain siswa berusia maksimal 20 tahun, tinggi badan minimal 165 cm, tidak buta warna total maupun parsial, serta lulus tes kesehatan.

Tata cara pendaftaran serta informasi lainnya seputar beasiswa dapat diakses melalui https://www.smart-tbk.com/daftar-beasiswa/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya