SOLOPOS.COM - Ilustrasi zakat, infak dan sadakah. (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

PANGKALPINANG — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyatakan pengumpulan zakat nasional 2012 hingga saat ini telah mencapai Rp1,7 triliun, melebihi capaian pengumpulan zakat nasional 2011 sebesar Rp1,5 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Zakat yang terkumpul selalu mengalami kenaikan, pada 2010, zakat terkumpul di Baznas tercatat Rp1,3 triliun pada 2011 tercatat Rp1,5 triliun, dan sekarang sudah terkumpul Rp1,7 triliun,” kata Ketua Umum Baznas Didin Hafidhuddin di Pangkalpinang, Sabtu (20/10/2012).

Sementara itu, hingga akhir 2012, Baznas memperkirakan jumlah zakat yang terkumpul akan sebesar Rp2,1 triliun.

Ketua Umum Baznas mengatakan pihaknya senantiasa melakukan sosialisasi agar umat Muslim Indonesia gemar berzakat. Potensi zakat di Indonesia mencapai Rp217,3 triliun tiap tahunnya.

“Jika potensi itu benar-benar kita gali dan kelola maka saya yakin dapat mengentaskan kemiskinan dengan cepat,” tukasnya.

Jika dibandingkan dengan dana yang dikeluarkan pemerintah pusat untuk menanggulangi kemiskinan, Didin mengatakan zakat dapat lebih efektif mengentaskan kemiskinan.

“Pemerintah menyalurkan Rp73,7 triliun tiap tahun untuk mengentaskan kemiskinan, sedangkan dengan zakat kita bisa membantu 1,7 juta orang mustahiq tiap tahun yang merupakan sembilan persen dari warga miskin,” paparnya.

Jika zakat dikelola dengan serius dan penuh sinergitas antarlembaga baik agama maupun pemerintahan, Didin yakin zakat dapat berkontribusi besar dalam pembangunan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya