SOLOPOS.COM - Baznas Kabupaten Banjarnegara kembali menyerahkan paket bantuan untuk masyarakat. (Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara kembali menyerahkan paket bantuan untuk masyarakat.

Bertempat di Sasana Abdi Praja, Rabu (22/9/2021), telah disalurkan dana dari Baznas untuk penerima manfaat meliputi 580 orang fakir, 177 anak yatim, piatu, maupun yatim piatu, dan 158 orang penyandang disabilitas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seremoni penyerahan dana Baznas dilakukan oleh Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Kesra, Singgih Haryono, bersama Ketua Baznas Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dan pengurus yang diterima oleh 5 orang perwakilan penerima.

Ketua Baznas Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan dana Baznas muaranya untuk membantu masyarakat mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan ekonomi rakyat, pendidikan, dan kesehatan.

Baca Juga: Keren! Banjarnegara Punya Sidara, Layanan Penyedia Data Potensi Desa

“Dana Baznas berasal dari beberapa sektor, yakni ASN, anggota DPRD dan perorangan. Baznas menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana zakat tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan, pengajurannya dari desa dan relawan di lapangan,” kata Sutedjo.

Sutedjo memerinci pada penyaluran dana kali ini untuk bantuan fakir miskin menyasar 58 desa yang masuk kategori tertinggal. Per desa dipilih 10 orang sehingga total 580 orang.

“Masing-masing warga mendapatkan Rp1,2 juta sehingga total Rp696 juta untuk periode Juli sampai dengan Desember, dengan asumsi per bulan Rp200.000,” terang Sutedjo.

Kemudian untuk 177 anak yatim, piatu, maupun yatim piatu, Baznas provinsi membantu 100 anak berupa alat tulis berikut tasnya, sedangkan 77 anak berupa alat tulis berikut tasnya juga uang tunai Rp110.000 per anak untuk 177 anak dibantu dari Baznas kabupaten, dengan total dana Rp44,25 juta.

Baca Juga: Pantau Harga Komoditas, Disperindagkop UKM Banjarnegara Luncurkan Sipinter-APIK

Adapun 158 orang penyandang disabilitas, per orang mendapat bantuan Rp250.000, sehingga total Rp39,5 juta.

“Jadi total keseluruhan dana yang disalurkan hari ini adalah sebesar Rp773 juta, dan bagi penerima tidak ada pajak maupun potongan apa pun,” tandas Sutedjo.

Menurut Kadi SE, Kades Gununggiana Kecamatan Madukara, yang mendampingi warganya menerima bantuan kali ini, merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Baznas Banjarnegara.

“Baznas Banjarnegara telah menunjukkan aksi dan kepedulian yang tinggi. Kemarin waktu Covid juga telah menjalankan amanat dari Presiden, Gubernur maupun dari Bupati membantu masyarakat yang terkena maupun terdampak Covid-19. Semoga selalu membawa kemaslahatan umat,” katanya.

Prestasi Baznas Banjarnegara sangat bagus. Antara lain peringkat 1 di Jawa Tengah dalam pendayagunaan zakat dan urutan kelima pemanfaatan dana Baznas setelah Karanganyar, Cilacap, Banyumas, Tegal, dan Pemalang. Acara tersebut dihadiri 150 orang dengan mematuhi protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya