SOLOPOS.COM - Objek wisata De Tjolomadoe di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, SOLO — Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo menyediakan 500 stan pada Bazar Expo UMKM yang akan digelar di De Tjolomadoe, Jl Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar, 17-21 November 2022 mendatang. Dari jumlah itu, panitia bidang bazar mencatat lebih kurang 60 persen sudah terisi.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Bidang Bazar Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Muhammad Lutfi Arsyad, Senin (26/9/2022). Dia menjelaskan para peserta yang telah mendaftar tidak hanya dari Soloraya namun dari berbagai daerah serta luar negeri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lutfi mengatakan penyelenggara membagi delapan zona Muktamar Fair Muhammadiyah Aisyiah 2022, masing-masing Amal Usaha Muhammadiyah (AUM); pendidikan, buku dan alat tulis. Kemudian kesehatan, elektronik, peralatan umum, dan tour & travel; produk makanan olahan.

Ada pula food court; mainan anak, merchandise, kecantikan, dan aksesori; dan pakaian, sepatu, tas, fashion. Bazar UMKM dalam rangkaian Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo itu memakai lokasi outdoor di sisi timur kompleks De Tjolomadoe sementara ruang indoor digunakan untuk Muhammadiyah Innovation and Technology Expo (MITE).

Ada 100 stan MITE untuk perguruan tinggi Muhammadiyah, sekolah Muhammadiyah, dan individu Muhammadiyah. Lutfi mengatakan pelaku UMKM dapat berpartisipasi mengikuti bazar dengan mengakses laman https://bazar.muktamar48.id/.

Baca Juga: Wah! Penggembira Muktamar Muhammadiyah Solo Bisa Piknik Gratis ke Karanganyar

Bisa juga mendapat melalui nomor Whatsapp 089985046660. Ada panduan pada laman tersebut. Dia menjelaskan penyelenggara bazar menawarkan stan dengan tarif mulai Rp3 juta selama lima hari.

Agenda Penunjang Muktamar Muhammadiyah

Penyelenggara menjajaki kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah untuk mendorong UMKM binaan Muhammadiyah agar ikut memeriahkan Bazar Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Laman resmi Expo Muktamar menjelaskan Muktamar Fair merupakan agenda penunjang Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah 2022.Tujuan Muktamar Fair adalah mewujudkan produk unggulan UMKM dan Inovasi Teknologi Karya Muhammadiyah yang berdaya saing nasional dan internasional.

Baca Juga: 10.000 Penggembira Muktamar Muhammadiyah dari Malang Dipastikan Datang ke Solo

Sementara itu, Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah memperkirakan tiga juta penggembira akan menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan berlangsung di Kota Solo 18-20 November 2022.

Panitia saat ini tersebut berkoordinasi dengan Pemkot Solo dan pemkab daerah terkait untuk fasilitas penginapan maupun transportasi penggembira. Pemkot Solo misalnya siap menyediakan sarana transportasi dan melalui Dinas Pendidikan untuk pemanfaatan gedung sekolah sebagai lokasi penginapan.

Di sisi lain, Pemkab Karanganyar menyediakan transportasi dan menggratiskan biaya tiket masuk ke objek-objek wisata di kabupaten tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya