SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

image

SLEMAN-RSUP Dr Sardjito menerima pasien rujukan bayi bertubuh satu tetapi berkepala dua dari RS Duta Mulia Majenang Cilacap Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Humas RSUP Dr Sardjito, Trisno Heru Nugroho mengatakan bayi tersebut baru diterima rumah sakit pada Kamis (27/6/2013)
pukul 18.22 WIB. Bayi lelaki dari Usman, 36 dan Munjian, 27, ini dilahirkan secara operasi caesar pada Rabu (26/6/2013) karena mengalami penampakan bokong (saat dilahirkan pantat bayi berada di bawah, bukan kepala).

“Dari observasi awal di Sardjito, bayi ini didiagnosa parapagus dicephalus on joint twins. Bayi ini lahir dengan tubuh satu tetapi memiliki dua kepala,” ujarnya saat ditemui di RSUP Dr Sardjito siang ini, Jumat (28/6/2014).

Kondisi bayi yang dilahirkan dengan panjang 46 cm, berat badan 4,2 kg ini disebutnya dalam kondisi sehat tetapi saat ini tengah dirawat di neonatal intensive care unit (NICU). Sebab secara medis bayi ini termasuk abnormal dan dikuatirkan menderita infeksi.

Adapun tindakan yang sudah diberikan berupa pemberian oksigen dan infus D10. Selanjutnya RSUP Dr Sardjito tengah membentuk tim dokter yang akan menangani sembari melakukan observasi.

“Secara umum, kondisi bayi sehat. Tetapi yang kepala sebelah kiri sedikit lemah karena sulit untuk menelan sehingga perlu dibantu,” imbuhnya. (Mediani Dyah Natalia/JIBI/Harian Jogja)

Foto: Ilustrasi, JIBI/Harian Jogja/Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya