SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

LEVERKUSEN-—Saat harapan mendatangkan gelar juara La Liga kali keempat beruntun semakin pudar, Barcelona mengalihkan fokus mempertahankan gelar juara Eropa. Ini menjadi kabar buruk bagi Bayer Leverkusen.

Saat Barcelona bicara menaruh fokus lebih tinggi di kejuaraan Eropa, Leverkusen memahami apa yang akan mereka hadapi ketika menjamu Barca di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (15/2/2012) dini hari WIB, akan lebih berat dari perkiraan sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kekalahan 2-3 dari Osasuna di akhir pekan kemarin, begitu melukai peluang pasukan Blaugrana, julukan Barcelona, dalam perburuan gelar juara liga musim ini. Kekalahan itu membuka gap 10 poin dari seteru utama mereka, Real Madrid.
Barca membutuhkan pelampiasan dan Leverkusen menjadi sasaran terdekat Barca untuk memulai kebangkitan. “Kami akan mendatangi kompetisi Eropa untuk mempertahankan gelar juara kami,” ujar pelatih Barcelona, Josep “Pep” Guardiola seperti dilansir Googlenews.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam lawatan ke Bay Arena, Barcelona memanggil kembali gelandang Sergio Busquets yang absen dalam dua pertandingan karena cedera lutut. Namun tidak ada kepastian 100 persen Busquets akan diturunkan menghadapi Leverkusen. Pasalnya, tim medis Barca belum memberi lampu hijau bagi Busquets untuk kembali beraksi di lapangan hijau.

Guardiola juga mengharapkan Xavi dan Andres Iniesta berada dalam kondisi bugar setelah di bangku cadangankan ketika kalah dari Osasuna. Cesc Fabregas yang hanya diturunkan selama 20 menit dalam pertandingan itu juga diharapkan bisa tampil maksimal di Jerman.

Jika ditilik dari statistik, Barcelona tak pernah kalah dalam kunjungan terakhir di Jerman. Namun kali terakhir Tim Catalan menelan kekalahan di Jerman terjadi saat menghadapi Leverkusen di 2001.

Rupanya tak hanya Barcelona yang bermasalah di kompetisi domestik. Tim tuan rumah saat ini juga sedang bermasalah di Bundesliga. Leverkusen gagal memetik kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir di liga, di mana Michael Ballack terbiasa tampil sebagai pemain pengganti.

Di Akhir pekan kemarin, Leverkusen menelan kekalahan 0-1 dari Borussia Dortmund dan di laga inilah  Ballack keluar lapangan dengan membawa cedera betis dan dipastikan tak bisa memperkuat Leverkusen di laga ini.

Selain Ballack, Leverkusen juga tak bisa diperkuat winger Sidney Sam dan striker Eren Derdiyok yang absen karena cedera kaki. “Pada Selasa ini, pertandingan akan menjadi lebih sulit,” ujar pelatih Leverkusen, Robin Dutt.

Meski tidak dalam kondisi terbaik saat menghadapi tim jawara Eropa, Leverkusen tetap berharap mampu memperpanjang rekor kandang impresif di Liga Champions. Pasukan Robin Dutt memenangi tujuh dari delapan pertandingan Eropa di Bay Arena.
“Kami harus menghormati mereka, namun jangan terlalu banyak. Anda harus menatap ke depan pada tantangan dan memberikan segalanya, berlari hingga Anda membutuhkan seorang dokter lalu melihat apa yang didapatkan dari itu semua,” uja bek sentral Leverkusen, Manuel Friedrich dikutip uefa.com.

(JIBI/SOLOPOS/Aeranie Nur Hafnie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya