Bayangan Hitam Terekam CCTV di Wonogiri Bergerak Seperti Binatang

bayangan hitam itu seolah datang dari jalan lalu masuk rumah, saat akan masuk rumah bayangan hitam bergerak seperti seekor babi.
Bayangan Hitam Terekam CCTV di Wonogiri Bergerak Seperti Binatang
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video merekam bayangan hitam di Wonogiri. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Bayangan hitam yang terekam kamera closed circuit television (CCTV) di rumah pengusaha properti di Bakalan RT 001/RW 002, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/9/2021) sore, bergerak cepat layaknya binatang.

Pemilik rumah,  Agus Setiyono, 41, menyebut bayangan hitam yang terekam kamera pengintai itu seperti babi ngepet. Dia mengatakan saat diberi tahu istrinya, Watik Nur Farida, 38, tentang kejadian aneh yang terekam kamera CCTV di rumahnya, awalnya tak percaya.

Namun, setelah melihat secara langsung dia baru percaya ternyata memang ada bayangan hitam yang terekam CCTV.

Baca juga: Bayangan Hitam Misterius Terekam CCTV di Wonogiri Datang dari Jalan, Masuk Rumah, Lalu Keluar

Menurut Agus, bayangan hitam itu seolah datang dari jalan lalu masuk rumah. Setelah itu bayangan hitam tak terlihat lagi. Saat akan masuk rumah bayangan hitam bergerak seperti seekor babi.

“Lima menit kemudian bayangan hitam muncul lagi keluar rumah dengan cara terbang,” ucap pemilik Sirkuit Motocross Dam Gajah, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, itu saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (25/9/2021).

Seperti Terbang

Sementara itu, berdasarkan video rekaman CCTV yang Solopos.com peroleh, bayangan hitam misterius muncul pada pukul 16.53.04 WIB menuju rumah. Gerakannya seperti binatang. Kemunculannya berlangsung selama empat detik.

Baca juga: Hujan Angin Terjang Girimarto Wonogiri, 1 Rumah Warga Rusak Parah

Bayangan hitam itu muncul lagi keluar rumah pada pukul 16.58.23 WIB. Kemunculannya hanya berlangsung satu detik. Gerakan bayangan tersebut seperti terbang dan lebih cepat ketimbang gerakan saat muncul kali pertama.

Sebagaimana diketahui mitos tentang babi ngepet sejak lama beredar di masyarakat. Dikuti dari wikipedia.org, Guru Besar Pendidikan Bahasa Jawa pada Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Suwardi Endraswara, dalam bukunya Dunia Hantu Orang Jawa memaparkan mitos setempat ini sebagai penjelmaan dari seseorang yang menggunakan ilmu hitam pesugihan dengan cara mengubah dirinya untuk sementara menjadi babi siluman sehingga dapat dengan mudah melakukan pencurian.

Sementara itu, Asian Folklore Studies terbitan Asian Folklore Institute memaparkan konsep perubahan manusia ke binatang ini serupa dengan konsep werewolf di Barat. Mitos menceritakan tindakan pesugihan ini dilakukan hanya pada malam hari tertentu dan oleh dua orang, biasanya sepasang suami istri dengan suami sebagai tuan yang akan menjadi babi dan istri sebagai pembantunya.

Baca juga: Bakal Tampil di Peparnas Papua, Atlet Panahan Wonogiri Ternyata Berlatih di Tegalan

Lebih lanjut, Agus menceritakan istrinya tiba-tiba saja ingin mengecek monitor CCTV lalu melihat bayangan masuk rumah. Karena penasaran, Watik tetap melihat monitor hingga beberapa menit. Kemudian dia melihat bayangan itu keluar rumah.

Tak Ada Uang Hilang

Selanjutnya, ungkap Agus, Watik memeriksa uang dan benda berharga lainnya di dalam rumah. Hal itu dilakukannya karena Watik berasumsi bahwa bayangan hitam tersebut babi ngepet, makhluk gaib yang menurut kepercayaan sebagian orang suka mengambil uang/harta orang.

Setelah diperiksa oleh Watik, tidak ada uang atau benda berharga milik keluarganya yang hilang.

“Keesokan harinya istri saya memberitahu saya. Saat itu saya sedang di luar rumah,” imbuh Agus.

Baca juga: 2 Pelajar Wonogiri Positif Covid-19 Sebelum Divaksin, Begini Tanggapan Bupati Jekek

Agus mengaku video itu hanya dibagikannya ke grup warga. Dia tak mengunggah video miliknya ke media sosial (medsos).

Menurut Agus, hingga Sabtu tidak ada warga yang merasa telah kehilangan uang/barang berharga. Namun warga memberi masukan agar Agus waspada dan berhati-hati. Ada juga yang menyarankan agar dia lebih rajin salat seraya berdoa semoga tak terjadi hal-hal tak diinginkan di kemudian hari.

“Tiga anak saya tidak saya kasih tahu soal ini. Mereka masih anak-anak. Saya khawatir mereka malah takut berlebihan, mengira di dalam rumah ada makhluk tak kasat mata,” ulas Agus.

Sebelum ada peristiwa itu Agus, istri, dan anaknya tak pernah mengalami kejadian aneh. Selain itu dia maupun anggota keluarganya tak ada yang merasakan pertanda apa pun. Dia berharap bayangan hitam itu bukan pertanda buruk.

Baca juga: Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago