Bawaslu Solo Ikut Awasi Deklarasi PKR di Hotel Adhiwangsa, Ada Temuan?

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Solo ikut mengawasi dan memantau acara deklarasi PKR (Partai Kedaulatan Rakyat) di Hotel Adhiwangsa, Kamis (28/10/2021).
Bawaslu Solo Ikut Awasi Deklarasi PKR di Hotel Adhiwangsa, Ada Temuan?
SOLOPOS.COM - Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, memberikan pidato politik saat Deklarasi PKR di Adhiwangsa Hotel and Convention Hall, Solo, Kamis (28/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tiga personel Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo ikut hadir saat deklarasi Partai Kedaulatan Rakyat atau PKR di Hotel Adhiwangsa Solo, Kamis (28/10/2021). Mereka yaitu Budi Cahyono (Ketua), serta dua anggotanya, Arif Nuryanto dan Poppy Kesuma.

Arif terlihat mengambil gambar atau mendokumentasikan kegiatan deklarasi itu. Sedangkan Budi dan Poppy duduk di kursi yang disediakan.

Saat hendak pulang, Budi enggan diwawancarai Solopos.com dan mendisposisikannya kepada Arif. Begitu juga Poppy. Ia mengarahkan Solopos.com agar mewawancarai Arif.

Semula Arif pun enggan melayani permintaan wawancara dengan alasan Budi yang berwenang. Namun setelah didesak akhirnya Arif bersedia berkomentar mengenai deklarasi PKR di Hotel Adhiwangsa Solo itu.

Baca Juga: Kawasan Eks HP 10 Tipes Solo Ditata, 63 Keluarga Belum Bongkar Rumah

“Tidak ada pesan apa-apa [untuk PKR], apa? kami cuma pantauan ini,” ujarnya. Menurutnya, perjalanan partai politik (parpol) untuk bisa berlaga di Pemilu 2024 masih harus melalui tahapan verifikasi.

Tidak hanya untuk PKR atau parpol baru, tapi juga untuk semua parpol yang ada. “Nanti tahapannya masih ada verifikasi. Nah, ke depannya parpol mana saja yang akan menjadi peserta Pemilu 2024 adalah mereka yang lolos tahapan verifikasi,” katanya.

Memantau Dinamika Jelang Pemilu

Melihat kemunculan sejumlah parpol yang menargetkan berlaga di Pemilu 2024 termasuk PKR yang baru deklarasi, menurut Arif, Bawaslu Solo merasa perlu untuk memantau dinamika tersebut. “Semuanya, kami intinya dinamika ini harus tetap dipantau. Intinya ya wes itu,” imbuhnya.

Baca Juga: Anung Eks Cawali Solo Penantang Rudy Hadiri Deklarasi PKR, Mau Gabung?

Arif mengakui perjalanan menuju Pemilu 2024 masih panjang. Bahkan sebenarnya saat ini belum masuk tahapan Pemilu 2024. Namun pada praktiknya sudah bermunculan parpol baru, termasuk PKR yang dideklarasikan di Solo dengan dihadiri 200-an pengurus.

“Ini dinamika menuju Pemilu 2024, dan kami melakukan pantauan. Karena memang belum tahapan, ini kami melihat banyak di wilayah-wilayah bermunculan partai-partai. Parpol mana saja yang akan jadi peserta pemilu 2024 adalah mereka yang lolos verifikasi,” katanya.

Penjelasan Arif senada dengan apa yang disampaikan Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, Kamis. Menurut Nurul, perjalanan PKR untuk bisa berlaga di Pemilu 2024 masih panjang. PKR harus mendapatkan SK dari Kemenkumham dan lolos tahapan verifikasi yang dilakukan KPU.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago